Detoks yang Perlu Dilakukan Setelah Libur Panjang

Kompas.com - 04/01/2020, 11:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com – Saat menikmati liburan panjang akhir tahun biasanya kita tak peduli lagi pada kandungan gula atau lemak dalam makanan. Yang penting rasanya enak. Nah, awal tahun bisa menjadi waktu yang tepat melakukan detoks.

Tak perlu mengikuti diet populer atau cuma minum jus untuk membersihkan tubuh. Hal itu bukan hanya tidak membantu, tetapi dapat membuatmu dehidrasi dan menyebabkan efek negatif lain pada kesehatan.

Detoks bisa kita lakukan dengan melakukan perubahan kecil dan sederhana tapi berkelanjutan, dengan beberapa tips berikut ini.

1. Mengatur ulang waktu tidur
Jika Anda makan, minum, dan bersenang-senang selama liburan, kemungkinan kamu juga kurang tidur. Orang dewasa disarankan tidur 7-9 jam setiap malam.

“Ini adalah waktu yang baik untuk mulai mengatur kembali waktu tidur karena selama liburan biasanya kita keluar dari ritme tidur normal,” kata Steven Wengel, MD, asisten wakil rektor kesehatan University of Nebraska Medical Center.

Wengel menambahkan, jika kita tetap berada di luar rutinitas normal selama berminggu-minggu akan sulit untuk kembali ke rutinitas semula.

Kurang tidur juga dapat membuat kita kehilangan hormon kenyang sehingga cenderung makan berlebihan. Kurang tidur pun dapat meningkatkan hormon kortisol yang membuat lebih cemas.

Baca juga: Kurang Tidur Picu Nafsu Makan Berlebih, Benarkah?

2. Sarapan
"Penelitian menunjukkan, orang yang sarapan akan makan lebih sedikit kalori sepanjang hari," kata ahli nutrisi diabetes Meghan McLarney.

Sarapan apa yang sehat? Sarapan dengan makanan dan minuman apapun yang memiliki nilai gizi. Kuncinya adalah memiliki dua kelompok makanan, dan protein menjadi salah satunya. Jus sayuran atau buah dan sepotong keju adalah pilihan yang baik, seperti halnya selai kacang pada roti gandum.

Sarapan sehat juga membantu kamu untuk mengontrol gula darah sepanjang hari dan dapat meningkatkan kinerja kognitif.

3. Pilih makanan utuh (whole food)
Maksudnya adalah kita mendapatkan nutrisi dari makanan yang sebenarnya. Makanan utuh juga berarti makanan yang paling sedikit diproses.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X