Bagaimana Menjawab Pertanyaan Seputar Jumlah Gaji yang Diinginkan?

Kompas.com - 05/01/2020, 08:36 WIB
Ilustrasi wawancara shutterstockIlustrasi wawancara
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagaimana jawabanmu jika kamu ditanya berapa gaji yang diinginkan saat wawancara kerja?

Jumlah gaji yang diinginkan seringkali membuat kita bingung. Ketika seorang pencari kerja mendapat pertanyaaan itu dari perekrut, belum tentu kita bisa menjawab ekspektasi atau jumlah gaji yang diharapkan.

Namun faktanya, bagaimana kita menjawab adalah awal negosiasi dari jumlah gaji untuk posisi yang dilamar.

Ada perdebatan mengenai cara terbaik dalam menjawab pertanyaan ini. Sebagian menyarankan untuk melewati atau menyerahkan pada perusahaan, sementara ada pula yang menganggap tidak masalah bagi kita memberikan besaran gaji yang diinginkan.

Kate Dixon, konsultan negosiasi gaji dan kompensasi mengatakan, apa yang sebenarnya diharapkan oleh perusahaan adalah angka yang berada dalam kisaran standar gaji mereka.

Beberapa daerah di Amerika, seperti New York City, dan negara bagian California melarang perusahaan bertanya kepada calon karyawan berapa jumlah gaji mereka di perusahaan terdahulu. 

Namun kita seringkali mendapatkan pertanyaan ini saat wawancara, karenanya bersiaplah menjawab pertanyaan ini.

Lalu bagaimana menghadapinya?

Pada aplikasi online, disarankan agar tidak langsung menjawab

Sulit menghadapi pertanyaan terkait ekspektasi atau jumlah gaji ketika kita tidak berbicara langsung dengan pihak perekrut. Itulah sebabnya sebagian pakar negosiasi mengatakan, kita harus menghindari menjawab pertanyaan tersebut di portal pekerjaan online.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X