Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Jangan Mulai Hidup Sehat Setelah Tahun Baru

Kompas.com - 06/01/2020, 12:10 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com- Januari dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memulai hidup sehat. Sebenarnya itu bisa menjadi masalah dalam jangka panjang.

Anda menghabiskan minggu-minggu terakhir bulan Desember untuk menikmati semua yang ditawarkan ketika liburan, seperti minuman manis, kue kering yang lezat, dan hari di mana Anda bermalas-malasan meringkuk di depan TV.

Saat itu, Anda berjanji pada diri sendiri bahwa di awal tahun berikutnya akan memulai tujuan untuk hidup lebih sehat, seperti berada di gym tujuh hari dalam seminggu, membuat bekal salad untuk makan siang dan minum delapan gelas air dalam sehari.

Nyatanya resolusi itu tidak terwujud. Mengapa? Para ahli mencatat bahwa motivasi untuk mengubah gaya hidup lebih sehat di bulan Januari merupakan pendekatan yang tidak selalu efektif.

Berikut beberapa alasannya serta beberapa saran yang harus dilakukan.

Statistik tidak mendukung
Menurut data statistik kebanyakan orang akan menyerah pada tujuan mereka di pertengahan Februari.

Ini adalah fakta yang diketahui bahwa sebagian besar resolusi tahun baru tidak akan bertahan lama dengan tingkat kegagalan sekitar 80 persen.

"Kita memulai resolusi tersebut dengan antusiasme, semangat, dan ketabahan. Namun, dengan cepat kita menyadari bahwa tujuan ini tampaknya tidak bisa untuk dicapai setelah enam minggu berjalan," kata pelatih kebugaran Elise Auxier.

Tidak memiliki motivasi yang tepat dan melekat pada diri sendiri.

Baca juga: Jangan Asal Bikin Resolusi Tahun Baru

Nick Frye, manajer konseling perilaku di perusahaan pelatihan kesehatan Optavia mengatakan, secara global ada budaya dan tekanan sosial untuk mendapatkan gaya hidup sehat dengan satu atau berbagai cara lainnya, seperti menurunkan berat badan, berolahraga di gym atau mengonsumsi makanan yang lebih sehat.

"Masalahnya terletak pada konsep motivasi intrinsik dan ekstrinsik," kata Frye.

“Dengan motivasi intrinsik, kita terdorong untuk mencapai tujuan tersebut karena itu mencerminkan nilai-nilai pribadi, aspirasi kita yang paling sejati, dan bagian dari diri kita sendiri. Sedangkan motivasi ekstrinsik berarti kita mendasarkan tujuan kita pada apa yang orang lain pikir harus kita capai,” tambahnya.

Kesimpulannya, jika Anda tidak memulai memahami gaya hidup baru yang sehat bermanfaat dan penting bagi kesehatan Anda, maka biasanya hanya menunggu waktu hingga komitmen Anda memudar.

ilustrasi jalan kakishutterstock ilustrasi jalan kaki

Resolusi awal tahun dapat menciptakan mentalitas "semua atau tidak sama sekali".

Orang dewasa cenderung memiliki pola perilaku kesehatan yang sudah lama ada. Beberapa dari pola ini dimulai sejak anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com