Jeans Ramah Lingkungan, Dibuat dari Bahan Organik dan Bisa Dijual Lagi

Kompas.com - 07/01/2020, 08:15 WIB
Nudie Jeans Repair Shop pertama di Asia Tenggara, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan. Kompas.com / BestariNudie Jeans Repair Shop pertama di Asia Tenggara, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pencinta jeans tentu tak asing dengan merek Nudie Jeans, brand asal Swedia yang menjadi pionir dalam program sustainability atau keberlanjutan, baik bagi lingkungan maupun sosial.

Produk Nudie Jeans yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2001 di Gotenberg oleh Maria Erixon Levin ini terbuat dari 100 persen kapas organik yang tersertifikasi loh.

Ini berarti, tidak ada penggunaan bahan kimia dalam proses pembuatannya, sehingga tidak membahayakan para pekerjanya.

“Kenapa Nudie Jeans melakukan ini? Kalau ada 1 milyar jeans yang diproduksi di dunia setiap tahunnya dan 25 persen dalam proses pembuatannya menggunakan pestisida, bayangkan betapa banyak limbah yang akan merusak lingkungan? Slogan kami, non toxic denim,” ujar Bryce Alton, CEO of Nudie Jeans Australasia di Nudie Jeans Repair Shop Pondok Indah Mall beberapa waktu lalu.

Baca juga: Custom Jeans Milikmu dengan Metode Laser Grafiti

Menurut Bryce, apa yang dilakukan Nudie Jeans dalam usahanya menjaga lingkungan tak sia-sia, terbukti salah satu perusahaan denim terbesar mulai memertimbangkan untuk menggunakan kapas organik dalam produksinya.

“Kami berusaha encourage brand lain untuk memakai kapas organik juga. Harapannya ke depan semua orang dapat berpikir dari sisi yang lebih baik untuk menyelamatkan lingkungan,” katanya.

Menariknya lagi, selain dari proses produksinya, Nudie Jeans juga menawarkan layanan perbaikan seumur hidup loh.

Jadi, selama punya produk Nudie Jeans dari tahun berapapun dan beli di manapun, bisa langsung dibawa ke Nudie Jeans Repair Shop untuk diperbaiki secara gratis.

Kabar baiknya, Nudie Jeans telah resmi membuka Nudie Jeans Repair Shop di Jakarta, Indonesia, yang merupakan Repair Shop pertama di Asia Tenggara.

Baca juga: Sering Pakai Skinny Jeans Berefek Buruk bagi Organ Genital

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X