Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Kompas.com - 07/01/2020, 09:20 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comKesehatan mental begitu penting dijaga demi keberlangsungan hidup manusia. Stress, kecemasan dan konflik terkadang membuat mental kita sedikit terguncang.

Belum lagi bila pekerjaan menumpuk dan masalah keluarga muncul bersamaan, membuat otak terus dipaksa berpikir dan tentu akan mempengaruhi kesehatan mental kita.

Namun sebenarnya perasaan itu bisa dikendalikan. Berikut adalah 9 hal yang bisa kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

1. Makan makanan yang sehat

Ilustrasi menyantap makanan bernutrisiSHUTTERSTOCK Ilustrasi menyantap makanan bernutrisi
Ada sejumlah besar penelitian tentang hubungan antara diet kita dan kesehatan mental kita, termasuk bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan kualitas diet sebenarnya dapat membantu mengobati depresi klinis.

Ahli gizi Melissa Brunetti, yang berspesialisasi dalam hubungan antara makanan dan suasana hati, baru-baru ini mengungkapkan kombinasi sarapan terbaik bagi mereka yang membutuhkan dorongan yakni, telur dan roti bakar gandum dengan alpukat.

Makanan ini mengandung asam amino, omega-3, serat, vitamin D dan, yang paling penting, asam lemak.

“Otak kita adalah sekitar 60% lemak dan kita perlu mendapatkan lemak kita dari sumber makanan. Alpukat kaya akan triptofan, yang merupakan pra-kursor ke serotonin, yang merupakan bahan kimia perasaan-baik. Ia juga mengandung folat dan Omega 3,” ujar Brunetti.

Baca juga: 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

2. Aktif bergerak, walau hanya beberapa menit

Ilustrasi jalan kakiPointImages Ilustrasi jalan kaki
Sebuah studi yang dipimpin oleh Black Dog Institute menemukan bahwa sejumlah kecil latihan fisik, terlepas dari intensitas, dapat membantu mencegah depresi di masa depan.

Diterbitkan di American Journal of Psychiatry, studi terbesar dan paling luas dari jenisnya menemukan bahwa bahkan satu jam berolahraga, seperti berjalan-jalan, dapat meningkatkan kesehatan mental.

Jadi, membiasakan berjalan-jalan setiap hari akan menambah manfaat serius. Menambahkan yoga ke dalam daftar latihan juga merupakan ide yang bagus. Penelitian menemukan yoga bisa memodulasi sistem respons stres, membantu mengatasi kecemasan dan depresi.

Baca juga: Tak Hanya Fisik, Olahraga Juga Menyehatkan Mental

3. Dengarkan lagu yang menenangkan

Ilustrasi mendengarkan musikshutterstock Ilustrasi mendengarkan musik
Musik mempengaruhi suasana hati kita. Hal ini sudah disebut dalam banyak penelitian dan pengalaman kita sendiri.

Nah, sebuah studi baru-baru ini dari MindLab di Inggris menemukan bahwa lagu Weightless, dari Marconi Union, bisa mengurangi kecemasan seseorang hingga 65%.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com