Kompas.com - 07/01/2020, 14:44 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah sehari tentu adalah dasar yang baik untuk membantu tubuh tetap bugar. Tapi, angka tersebut bukanlah ukuran yang presesi untuk semua orang.

Memang, banyak alat detektor kebugaran seperti Fitbit menggunakan besaran 10.000 langkah sebagai capaian "default" pada produk mereka.

Namun, ternyata banyak para pakar kebugaran yang menyarankan penyesuaian jumlah langkah berdasarkan kondisi tiap individu.

Para peneliti bahkan sempat menelusuri asal-usul praktik 10.000 langkah yang ternyata terkait dengan trik pemasaran di tahun 1960.

Baca juga: Jalan Kaki di Mal Juga Bikin Sehat

Lalu, untuk beberapa orang pun kegiatan berjalan sedemikian banyak ternyata tak begitu mendatangkan manfaat yang sebanding.

Harley Pasternak, pelatih pribadi selebritas yang bekerja dengan Fitbit, memang menetapkan target setidaknya 10.000 langkah per hari untuk kliennya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam penjelasan melalu surat elektronik kepada USA Today dia menerangkan, capaian itu akan optimal berdampak bagi tubuh jika dilakukan dengan benar. 

Artinya, kata Pasternak, persyaratan langkah tersebut termasuk 30 menit berjalan pada intensitas sedang.

Lalu, harus pula memenuhi pedoman untuk berolahraga yang ditetapkan Centers for Disease Control and Prevention, selama 150 menit seminggu pada level moderat. 

Baca juga: 9 Manfaat Jalan Kaki, Perkuat Jantung hingga Perbaiki Suasana Hati

"Saya sarankan untuk berjuang mencapai langkah 14.000 langkah sehari, jika Anda mencoba menurunkan berat badan," kata dia.

Halaman:


Sumber USA Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.