Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lady Gaga Bergabung dengan Oprah Kampanyekan Kesehatan Mental

Kompas.com - 07/01/2020, 20:02 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Popsugar

KOMPAS.com— Penyanyi Lady Gaga terus menggunakan panggung dengan maksimal untuk menghilangkan stigma kondisi kesehatan mental. Misalnya saja baru-baru ini ia bergabung dengan Oprah Winfrey untuk perhentian pertama dalam tur berbicara Visi 2020 yang berfokus pada kesehatan.

Gaga membukanya dengan berbicara tentang cara dia mengatasi rasa sakit kronis, serta efek dari gangguan stres pasca-trauma sebagai akibat dari diperkosa pada usia 19 tahun.

Sebelumnya Gaga dan Oprah telah berbincang dengan tema yang sama dalam sebuah wawancara untuk majalah Elle edisi Desember 2019.

"Iman, inspirasi, harapan, dan, saya juga harus mengatakannya, dan saya tahu ini kontroversial dalam banyak hal, obat-obatan benar-benar membantu saya," kata Gaga dalam klip dari ceramah yang dibagikan oleh Entertainment Tonight.

"Saya pikir banyak orang takut obat untuk membantu otak mereka, dan saya benar-benar ingin menghapus stigma di sekitar ini. Saya muak mengatakannya berulang-ulang,” imbuhnya.

Selain obat-obatan, Gaga mengatakan bahwa dia telah mendapat manfaat dari terapi kognitif, terapi perilaku dialektik, dan praktik penerimaan radikal.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental

"Saya telah secara radikal menerima bahwa saya akan memasukkan rasa malu saya ke dalam sebuah kotak di sana dan membuatnya sangat kecil, dan berkata pada diri sendiri, 'Saya memiliki masalah kesehatan mental, saya minum banyak obat untuk tetap di pesawat, dan saya seorang yang selamat,” ucap pelantun “Shallow” ini.

Meskipun tentu tidak selalu mudah untuk berbicara dengan jujur tentang kesehatan mentalnya, Gaga mengatakan dia terinspirasi untuk melakukannya untuk generasi muda. Apalagi, menurutnya tidak semua orang memiliki akses untuk pengobatan seperti yang ia dapatkan.

"Saya ingin uang saya untuk itu, saya ingin dokter terbaik di dunia, dan saya ingin kita memahami otak kita dan semua mendapatkan pandangan yang sama tentang hal itu. Kesehatan mental adalah krisis,” ungkapnya.

Setelah pembicaraan selama satu jam, Gaga dan Oprah berbagi momen emosional di belakang panggung.

Dengan berlinangan air mata, Oprah berkata kepadanya, "Kamu sangat rentan. Kamu sangat jujur. Kamu sangat nyata. Aku bahkan tidak percaya kamu melakukan itu,” kata Oprah.?

"Untuk menjadi sejujur itu, tidak ada yang melakukan itu, dan kamu tahu itu,” lanjut Oprah.

Baca juga: Lady Gaga Blak-blakan soal Masalah Mental hingga Melukai Diri Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com