Kompas.com - 08/01/2020, 07:54 WIB

KOMPAS.com—Saat menghadapi stres dan tertekan, kamu tentu mengidamkan untuk dapat tidur cepat demi mengistirahatkan otak.

Namun, alih-alih tidur sampai alarm berbunyi, seorang yang sedang stres bisa saja terbangun di tengah malam dalam keadaan panik tanpa alasan yang jelas.

"Ketika seseorang merasa stres, mereka berada dalam keadaan hyper-aroused," jelas Sara Benjamin, MD, seorang dokter bersertifikat neurologi di Johns Hopkins Center for Sleep.

Tubuh akan memompa hormon stres seperti kortisol dan norepinefrin, yang mempercepat pernapasan dan meningkatkan detak jantung.

"Perubahan hormon ini dapat membuat otak tetap aktif dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur," Benjamin menjelaskan.

Hal itu jugalah yang menyebabkan kamu akan sering terbangun di malam hari. Kombinasikan itu dengan fakta bahwa saat stres otak secara alami lebih aktif memikirkan daftar pekerjaan dan cemas menyelesaikan semuanya, hal ini tentu akan mengusik waktu tidurmu.

Baca juga: Terlalu Capek Kok Malah Bikin Susah Tidur?

Itu masalah, karena "tidur yang cukup mungkin salah satu cara paling penting untuk membantumu mengatasi stres," kata Benjamin.

Sebaliknya, kurang tidur akan membuat kamu menjadi lamban dan kurang efisien, membuatnya lebih sulit untuk menyelesaikan sesuatu.

Untuk itu, Benjamin menawarkan beberapa saran untuk tertidur dan tetap tertidur ketika sedang stres.

1. Baca atau dengarkan musik untuk menenangkan diri

Halaman:


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.