Kompas.com - 08/01/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Teh adalah minuman yang kaya antioksidan, sehingga bisa membantu mencegah penyakit kronis dan membantu perbaikan sel tubuh. Tak heran jika minuman ini sejak lama dianggap menyehatkan.

Ahli bedah ortopedi dari Toledo, Ohio, Anthony Kouri, MD menjelaskan, teh berasal dari tanaman Camellia sinensis yang mengandung antioksidan yang dikenal sebagai katekin dan yang paling penting adalah epigallocatechin gallate (EGCG).

"Antioksidan ini membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan," kata Kouri.

Namun, apa yang terjadi jika kita meminum teh setiap hari, apakah baik atau buruk? Berikut rinciannya, seperti dilansir dari laman Reader's Digest:

1. Menurunkan risiko kanker

Direktur Nutrisi dan Psikiatri Gaya Hidup di Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School, Uma Naidoo, MD menyebutkan, beberapa kanker yang bisa ditekan risikonya adalah kanker kulit, prostat, paru-paru, dan payudara.

Namun, perlu diingat bahwa minum teh hanyalah salah satu cara sederhana mencegah kanker.

“Berbagai jenis teh berdampak pada kanker yang berbeda," ujarnya.

Baca juga: Segudang Manfaat Teh Hijau untuk Umur Lebih Panjang

2. Kulit lebih sehat

Minum teh hitam secara teratur dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker kulit. Menariknya, cara mempersiapkannya memberikan perbedaan manfaat. Teh panas disebut lebih bermanfaat teh dingin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.