Kompas.com - 09/01/2020, 07:04 WIB
Ilustrasi flu, sakit flu ShutterstockIlustrasi flu, sakit flu

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar bahwa wanita yang memiliki payudara besar lebih mungkin menderita sakit punggung atau keringat berlebih di dada? Ternyata tidak hanya itu.

Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior, mereka yang berdada besar berpotensi menderita pilek dan masalah pernapasan dua kali lebih lama dari wanita yang memiliki ukuran dada normal.

Untuk penelitian ini, 400 wanita disurvei tentang kesehatan mereka selama tiga tahun terakhir. Hasilnya, mereka dengan ukuran dada cup F, menderita pilek, batuk, atau flu selama rata-rata 8,3 hari, sedangkan wanita dengan dada berukuran cup AA merasakan penyakit yang sama selama rata-rata 3,8 hari.

"Ukuran payudara berhubungan langsung dengan infeksi pernapasan," para peneliti menegaskan.

Jadi, apa kata sains?

Pada dasarnya, lemak di payudara kita dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuatnya lebih sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi pernapasan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Leptin, yakni hormon yang ditemukan dalam sel-sel lemak, juga berperan karena itu mengurangi kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit pada awalnya.

Terlebih lagi, sebuah penelitian berbeda mengonfirmasi bahwa wanita dengan dada lebih besar, 56 kali lebih mungkin untuk menyembuhkan flu dengan antibiotik.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X