Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Fashion Pria 2010-an yang Sebaiknya Kamu Tinggalkan

Kompas.com - 09/01/2020, 14:30 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila menengok mundur ke belakang, era 2010-an adalah dekade yang bold dan brilian untuk fashion pria. Saat itu adalah waktu eksperimen, ketika tidak ada aturan baku bagi pria dalam bergaya.

Banyak pria kemudian tampil dengan tailoring, sportswear, dan segala sesuatunya di titik tertentu. Smart dress berubah menjadi kasual, begitu pula pakaian kasual menjadi tampak modis.

Tapi tidak semua dari tren fashion itu keren bukan? Bangkit dari dekade sebelumnya, kita sudah bisa membayangkan beberapa outfit yang kita kenakan sudah tidak pas lagi. Scoop collar t-shirt, top knots dan peacocking tailoring, semua hilang begitu saja.

Bahkan beberapa item klasik mendapat ekspos berlebihan di Instagram. Item tersebut sarat keabadian, tapi kita pasti sudah menjadi sangat terbiasa dengan jaket biker, jaket bomber, chelsea boots, neck roll, serta sneakers minimalis.

Di bawah ini ada daftar tren fashion pria yang waktunya nyaris habis, bersama tren yang bakal menggantikannya.

Shrink-wrap jeans

Ilustrasi Pria Memakai Skinny JeansJupiterimages Ilustrasi Pria Memakai Skinny Jeans
Skinny jeans hanya benar-benar cocok pada pria dengan bentuk kaki yang spesifik. Item ini tampak keren bagi pria tinggi dan bertubuh ramping yang mengenakan pakaian serba hitam, sembari memegang gitar. Layaknya seorang rock star.

Jika kamu bukan seorang rock star, tidak memiliki kaki skinny dan tinggi badan kurang dari enam kaki, maka skinny jeans hanya membuatmu terlihat seperti sosis yang terbungkus rapat.

Karena tingkat keberhasilan skinny jeans sangat kecil, dan konsep rock star tak lagi eksis atau relevan, lebih baik kamu tinggalkan item tersebut.

Coba perhatikan. Skinny jeans sulit dipakai dan dilepas, membatasi gerakanmu, kantung yang sangat sempit untuk dimasukkan apa pun, benar-benar tidak nyaman. Membuat bagian atas tampak lebih besar dan kamu terlihat seperti anak kecil. Mari tinggalkan skinny jeans.

Item yang harus dipakai

Bukankah kamu lebih suka bergerak bebas dan duduk sesuka hati? Kalau kamu ingin siluet yang ramping, pakai slim jeans. Namun potongan yang paling bagus adalah straight dan sedikit lancip.

Jeans yang sedikit naik akan tampak memanjangkan kaki, membuatmu terlihat lebih tinggi dan lebih ramping.

Logo yang terlalu besar atau mencolok

Supreme x Louis Vuitton Baseball JacketStockX Supreme x Louis Vuitton Baseball Jacket
Tren fashion era 90-an sempat kembali di era 2010-an. Dan dari semua tren 90-an, tidak ada yang menonjol kecuali logo besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com