Keluar dari Kerajaan, Bagaimana Harry dan Meghan Mandiri Finansial?

Kompas.com - 09/01/2020, 15:13 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak pertama mereka ke publik di St Georges Hall, Windsor Castle, London, Rabu (8/5/2019) waktu setempat. Anak yang mereka beri nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu berada di urutan ketujuh suksesi kerajaan Inggris. AFP/POOL/DOMINIC LIPINSKIPangeran Harry dan Meghan Markle memperkenalkan anak pertama mereka ke publik di St Georges Hall, Windsor Castle, London, Rabu (8/5/2019) waktu setempat. Anak yang mereka beri nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor itu berada di urutan ketujuh suksesi kerajaan Inggris.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle resmi mengumunkan akan mundur dalam tugas-tugas sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan berencana mandiri secara finansial.

The Duke dan Duchess of Sussex memberi gambaran situasi finansial mereka saat ini dan menjelaskan perlunya waktu transisi bersama anggota senior lainnya.

Mereka menegaskan tidak akan lagi menerima pendanaan melalui Sovereign Grant. The Sovereign Grant sendiri merupakan mekanisme pendanaan tahunan dari kerajaan yang akan membiayai semua kerja keluarga kerajaan dalam mendukung Yang Mulia Ratu Elizabeth II, termasuk pendanaan untuk menjaga tempat tinggal dan tempat kerja.

Sejak 2019, Sovereign Grant sudah mendukung 5 persen biaya untuk The Duke dan Duchess of Sussex.

Jika Sovereign Grant mendukung 5 persen pendanaan untuk kantor mereka, 95 persennya berasal dari pendapatan yang disisihkan oleh Pangeran Charles.

Untuk mandiri secara finansial, Harry dan Meghan hanya perlu hanya perlu melepaskan ikatan mereka dari pendanaan Sovereign Grant.

Mereka meyakinkan publik bahwa dana publik tidak pernah digunakan, juga tidak akan pernah digunakan untuk pengeluaran pribadi mereka. Mereka juga meyakinkan tidak pernah menerima hak pajak apapun.

Mereka akan melanjutkan pembiayaan hidup secara pribadi untuk perjalanan apapun dan pengeluaran pribadi.

Baca juga: Mundur dari Kerajaan, Akankah Meghan dan Harry Menetap di Windsor?

Pada Mei 2019, laman Money mengestimasikan kekayaan bersih Meghan mencapai sekitar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 69,304 miliar. Angka tersebut sebagian besar diperoleh lewat pekerjaan akting, termasuk berperan di serial televisi Suits.

Sementara Harry diprediksi memiliki kekayaan bersih sekitar 25 juta hingga 40 juta dollar AS atau sekitar Rp 346, 5 miliar hingga 554 miliar.

Sebuah laporan dari Forbes menyebutkan bahwa kekayaan bersih keluarga kerajaan mencapai 88 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.219 triliun.

Namun belum pasti apakah keputusan mundur yang diambil Harry akan memengaruhi kekayaannya saat ini.

Dalam sebuah sesi tanya jawab, Harry dan Meghan menekankan bahwa mereka akan tetap berdedikasi untuk memaksimalkan warisan Yang Mulia, baik di Inggris maupun di seluruh negara Persemakmuran.

Keduanya juga akan terus memperluas pekerjaan amal.

Baca juga: Reaksi Ratu Inggris atas Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber People
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X