Kebiasaan yang Perlu Diubah untuk Hidup Bahagia

Kompas.com - 09/01/2020, 20:44 WIB
Ilustrasi homeaddict.ioIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang memulai bulan Januari dengan resolusi yang secara drastis bertujuan menambah kebiasaan sehat agar mereka hidup lebih bahagia, meski tidak selalu berhasil.

Namun, apa yang bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri adalah move on, membiarkan beberapa hal berlalu.

"Tahun baru menawarkan peluang baru, sementara beban masa lalu membuat kita tidak berada di tempat," ujar Olecia Christie, pelatih kehidupan bersertifikat di San Antonio.

Ia menyebut, penting untuk membedakan kapan harus melepaskan hal-hal yang tak lagi membawa pertumbuhan dan kebahagiaan kita sendiri.

Berkaitan akan hal tersebut, ini beberapa kebiasaan yang perlu kamu tinggalkan, menurut Christie dan para ahli lainnya.

Membandingkan hidupmu dengan orang lain di Instagram

Di era media sosial, selalu terlihat bahwa orang-orang menjalani kehidupan terbaik mereka, kecuali dirimu.

Ibinye Osibodu-Onyali, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi di The Zinnia Practice, California, mengingatkan bahwa media sosial adalah bagian kecil dari gambaran besar yang utuh. Membandingkan kehidupan sehari-hari dengan satu gambar yang menangkap momen sempurna bukanlah cara terbaik menggunakan waktumu.

Sebaliknya, ia menyarankan agar kamu terlibat dengan orang-orang yang kamu kagumi.

"Daripada menghabiskan berjam-jam per minggu untuk scroll Instagram, cobalah benar-benar terhubung dengan orang yang kamu kagumi di media sosial. Kirimkan mereka DM, minta nasihat, cari bimbingan yang sebenarnya," kata dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X