Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/01/2020, 17:26 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam ruangan seperti meja kerja bisa menjadi cara murah untuk mencerahkan dekorasi ruang kantor.

Sebuah studi terbaru di Jepang menunjukkan bahwa memelihara tanaman juga bisa meningkatkan kesehatan mental kita di tempat kerja.

Orang-orang yang meletakkan tanaman kecil di meja kerja mereka mempunyai tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah pada akhir periode empat minggu durasi penelitian.

Dalam studi ini, peneliti memberi instruksi pada 63 partisipan yang bekerja penuh waktu untuk beristirahat selama tiga menit ketika mereka merasa lelah. Masa istirahat itu lalu dipakai untuk merawat, menyirami, dan menatap tanaman meja.

Tanaman yang paling populer dipilih kokedamas Jepang dan sukulen.

Selama empat minggu, para peserta dicatat denyut nadi mereka (indikator yang baik untuk respon stres tubuh) sebelum dan sesudah melihat tanaman dan mengisi survei yang mengukur tingkat psikologis dan tingkat kecemasan mereka.

Sekitar 27 persen peserta mengalami penurunan signifikan dalam denyut mereka pada akhir periode perawatan tanaman, dan sebagian besar skor kecemasan peserta juga menurun.

Baca juga: Kurangi Polusi dengan Tanaman Dalam Ruangan

Lalu, apa yang membuat tanaman di meja kerja sangat membantu? Melihat tanaman menghadirkan distraksi yang sehat dan restoratif dari tumpukan tugas di kantor, menurut penulis studi.

Sementara itu, studi lain menunjukkan bahwa alam dapat berfungsi sebagai penangkal stimulasi berlebih atau kelelahan perhatian, serta meningkatkan kinerja kognitif.

Selain melihat tanaman hijau, para peneliti menulis bahwa memiliki rasa peduli pada tanaman akan menambahkan keterlibatan emosional yang ringan tapi bermakna.

Kendati begitu, para peneliti mencatat bahwa tanaman mati tidak mempunyai efek sangat mendalam pada kondisi stres psikologis peserta.

4 Tips Buat Tanaman Hias Tetap Tumbuhfoodmatters.com 4 Tips Buat Tanaman Hias Tetap Tumbuh

Meski partisipan studi ini agak kecil, studi lainnya menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam memiliki efek positif pada ingatan, suasana hati, kreativitas, dan produktivitas seseorang.

Jika kantor tidak memungkinkan kamu memiliki tanaman di meja kerja, ada hal lain yang bisa kamu lakukan sepanjang hari untuk mendapat manfaat serupa.

Pertimbangkan berjalan-jalan di lingkungan alami, seperti taman atau jalan dengan pepohonan di sisi kiri dan kanan. Berjalan di luar ruang yang hijau dapat mengurangi kecemasan, perenungan dan suasana hati yang negatif, sembari meningkatkan kinerja memori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com