Kompas.com - 11/01/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Sederet penelitian dari waktu ke waktu terus mengingatkan tentang pentingnya pola hidup sehat untuk memperpanjang harapan hidup seseorang.

Pola hidup sehat misalnya adalah, makan dengan benar, olahraga rutin, tidak merokok, menjaga berat badan ideal, serta mengontrol konsumsi alkohol, atau sederet kebiasaan baik lainnya.

Sekelompok peneliti internasional yang dipimpin ilmuwan dari Harvard T.H. Chan School of Public Health di tahun 2018 menemukan, adopsi lima kebiasaan sehat bisa memperpanjang usia.

Dengan kebiasaan baik, angka harapan hidup pun bisa meningkat hingga 14 tahun  untuk perempuan, dan 12 tahun untuk laki-laki. 

Baca juga: Resep Panjang Umur dari Orang Tertua di Dunia

Lima kebiasaan sehat

- Makan banyak sayur-sayuran dan makanan rendah lemak.

- Olahraga moderat hingga berat selama beberapa jam per minggu.

- Menjaga berat badan sehat.

- Tidak merokok, dan

- Mengonsumsi tidak lebih dari satu minuman beralkohol per hari untuk perempuan, dan dua minuman untuk laki-laki.

Halaman:


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X