Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2020, 10:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber menshealth

KOMPAS.com— Penampilan aktor Ethan Suplee terlihat sangat berbeda dari yang dia lakukan ketika dia memfilmkan perannya yang paling terkenal di Remember The Titans, American History X dan My Name Is Earl.

Aktor 43 tahun ini telah mengalami transformasi berat badan dalam beberapa tahun terakhir. Bobot tubuhnya turun lebih dari 200 pound atau lebih dari 90 Kg dengan memotong asupan kalorinya dan tekun menjalani latihan kekuatan.

Dia juga baru saja memulai podcast tentang obesitas bertajuk American Glutton. Dalam episode pertama dia membuka perjalanan kebugarannya dan hubungannya yang rumit dengan makanan.

Ia mengaku bahwa kekeliruannya tentang makanan itu berawal sejak ia berusia 5 tahun, ketika kakek neneknya mulai membatasi makanannya. Di usia 10 tahun, berat badannya mencapai 90 tahun dan orangtuanya memaksa Suplee untuk diet.

"Saya merasa orang-orang tidak ingin saya makan, jadi kalau saya ingin makan lebih banyak, saya melakukannya diam-diam, dan itu menjadi sesuatu yang saya sembunyikan dari orang-orang," katanya.

"Saya akhirnya menyadari di kemudian hari bahwa keinginan makan berlebihan itu datang dari diri sendiri. Ketika saya masih remaja saya pergi ke klub malam dengan teman-teman dan tidak pernah nyaman makan di depan orang-orang. Tetapi dalam perjalanan pulang saya selalu menemukan drive-through 24 jam dan makan tiga menu utuh sebelum tidur,” ujarnya lagi.

Di usia pertengahan dua puluhan, ia mengaku pernah melakukan diet atas saran temannya. Sayangnya, diet itu tak berhasil karena walau berat badannya sempat turun tetapi melonjak naik lagi karena pola makan diet itu tak bisa dilakukannya dalam jangka panjang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Between sets ama? All done now, thanks for the company!

A post shared by Ethan Suplee (@ethansuplee) on Jan 10, 2020 at 8:56am PST

Ketika menyadari ia perlu melakukan perubahan, Suplee mengurangi asupan kalori hariannya sebesar 20 persen.

Dia juga mengubah asupannya menjadi makanan tinggi protein seperti kalkun dan yogurt Yunani tanpa lemak. 

"Target saya adalah mengubah pola pikir tentang makanan dan memiliki tubuh six-pack," katanya.

Suplee juga mulai berlatih di gym hingga enam hari seminggu, dan mengikuti latihan push-pull-legs.

Dan semua kerja keras itu memberikan hasil yang mengesankan. Dalam sebuah AMA baru-baru ini di Instagram, Suplee mengungkapkan bahwa ia sekarang dapat mengankat beban  sekitar 183 Kg.

Tubuhnya kini lebih padat berotot. Targetnya untuk bisa mengangkat beban dua kali lebih berat dari bobotnya pun tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com