Ubah Pola Pikir Negatif Demi Hidup Bahagia

Kompas.com - 12/01/2020, 16:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com—Manusia dirancang untuk berpikir negatif. Seringnya manusia berpikiran buruk, berburuk sangka dan memperikirakan kemungkinan terburuk membuat manusia tak bisa melepaskan hal negatif dalam tubuhnya.

Menurut profesor psikologi Roy Baumeister, Ph.D, kita memiliki bias negatif alias selalu berburuk sangka karena di zaman nenek moyang hal itu diperlukan agar kita selalu waspada menghadapi alam yang keras.

Sayangnya, bias negatif juga menyebabkan kita stres untuk hal yang tidak perlu.

“Bias negatif memberi kita pandangan yang keliru tentang dunia,” kata John Tierney, yang bekerja dengan Baumeister untuk ikut menulis buku The Power of Bad.

Kita hanya fokus pada apa yang salah di masa sekarang dan menganggap itu akan terus salah di masa depan. Kita pun jadi orang yang sulit bahagia.

Tetapi ada beberapa harapan, melalui penelitian, Baumeister dan Tierney menemukan solusi nyata yang dapat membantu kita melawan naluri kita dan menjauhkan kita dari emosi negatif sehari-hari.

1. Lakukan perbandingan empat banding satu

Lima banding satu. Itulah teori Gottman Ratio yang terkenal, formula prediksi yang menunjukkan bahwa pasangan cenderung tetap langgeng ketika mereka memiliki pengalaman positif lima kali lebih banyak daripada yang negatif.

Baumeister menganggapnya sebagai rasio kepositifan, dan ketika itu dipakai pada hal yang menyangkut anak-anak, pasangan, bawahan dan bos, ia merekomendasikan untuk membidik perbandingan positif yang bisa dicapai sekitar empat banding satu.

Untuk setiap komentar negatif yang akan kamu lontarkan, buatlah empat komentar positif.

Halaman:


Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X