Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2020, 08:23 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Aktivitas fisik yang digolongkan olahraga tak selalu harus dilakukan secara khusus di tempat kebugaran. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa melakukan aktivitas fisik sederhana namun efektif bakar kalori. Misalnya memilih naik tangga ketimbang pakai lift atau eskalator.

Naik lift memang bukanlah hal buruk, apalagi jika lantai yang dituju ada di posisi yang sangat tinggi. Namun, dari perspektif kesehatan pilihan tersebut sangat menentukan kondisi kesehatan kita.

Terlibat dalam aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki, menari dan lari juga membantu meningkatkan kualitas kesehatan kita secara keseluruhan. Aktivitas ini tak butuh waktu khusus dan bisa dilakukan kapan pun.

Nah, ada sejumlah alasan kesehatan mengapa kamu perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk naik tangga ketimbang lift. Tak hanya kesehatan fisik tetapi juga mental, lho:

1. Mengurangi risiko stroke

Naik tangga punya kemungkinan lebih besar meningkatkan aktivitas fisik kita untuk menunjang kualitas kehidupan sehari-hari.

Menurut penelitian berjudul "Promoting Stair Climbing as an Exercise Routine among Healthy Older Adults Attending a Community-Based Physical Activity Program" yang diterbitkan di jurnal MDPI (2019), naik tangga secara teratur (sekitar 20-34 lantai seminggu) berkaitan dengan penurunan risiko stroke pada pria, peningkatan denyut jantung dan penurunan penurunan fisiologis terkait penuaan.

2. Membakar lebih banyak kalori

Menurut penelitian berjudul yang diterbitkan di jurnal BMC Public health (2012), naik tangga membantu membakar lebih banyak kalori per menit daripada joging dan mendayung.

Baca juga: Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Turunkan Berat Badan

3. Menguatkan otot

Naik dan turun tangga adalah aktivitas fisik dasar yang perlu kita masukkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut penelitian berjudul "The effect of step climbing exercise on balance and step length in chronic stroke patients" (2015), berjalan dengan tangga dapat memperkuat tungkai bawah karena melibatkan gerakan secara vertikal dan horisontal secara bersamaan sambil menjaga keseimbangan tubuh.

Naik dan turun tangga bisa terhitung sebagai jenis olahraga ringan yang membakar kalori tubuh.Shutterstock.com Naik dan turun tangga bisa terhitung sebagai jenis olahraga ringan yang membakar kalori tubuh.

4. Meningkatkan fungsi paru-paru

Memanjat tangga efektif untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), ketimbang melakukan olahraga. Naik tangga disebut sebagai cara sederhana dan aman untuk mendorong perbaikan pada pasien dengan COPD.

Baca juga: 5 Aktivitas Fisik Terbaik, Apa Saja?

5. Menurunkan rasio kematian

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com