Manfaat Naik Tangga Sehatkan Fisik dan Mental

Kompas.com - 13/01/2020, 08:23 WIB
Ilustrasi naik tangga DziggyfotoIlustrasi naik tangga

KOMPAS.com - Aktivitas fisik yang digolongkan olahraga tak selalu harus dilakukan secara khusus di tempat kebugaran. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita bisa melakukan aktivitas fisik sederhana namun efektif bakar kalori. Misalnya memilih naik tangga ketimbang pakai lift atau eskalator.

Naik lift memang bukanlah hal buruk, apalagi jika lantai yang dituju ada di posisi yang sangat tinggi. Namun, dari perspektif kesehatan pilihan tersebut sangat menentukan kondisi kesehatan kita.

Terlibat dalam aktivitas fisik sederhana seperti jalan kaki, menari dan lari juga membantu meningkatkan kualitas kesehatan kita secara keseluruhan. Aktivitas ini tak butuh waktu khusus dan bisa dilakukan kapan pun.

Nah, ada sejumlah alasan kesehatan mengapa kamu perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk naik tangga ketimbang lift. Tak hanya kesehatan fisik tetapi juga mental, lho:

1. Mengurangi risiko stroke

Naik tangga punya kemungkinan lebih besar meningkatkan aktivitas fisik kita untuk menunjang kualitas kehidupan sehari-hari.

Menurut penelitian berjudul "Promoting Stair Climbing as an Exercise Routine among Healthy Older Adults Attending a Community-Based Physical Activity Program" yang diterbitkan di jurnal MDPI (2019), naik tangga secara teratur (sekitar 20-34 lantai seminggu) berkaitan dengan penurunan risiko stroke pada pria, peningkatan denyut jantung dan penurunan penurunan fisiologis terkait penuaan.

2. Membakar lebih banyak kalori

Menurut penelitian berjudul yang diterbitkan di jurnal BMC Public health (2012), naik tangga membantu membakar lebih banyak kalori per menit daripada joging dan mendayung.

Baca juga: Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Turunkan Berat Badan

3. Menguatkan otot

Halaman:


Sumber Boldsky
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X