Bisnis Sneaker, Remaja Putus Sekolah Ini Berpenghasilan Rp 800 Juta

Kompas.com - 13/01/2020, 11:43 WIB
Joe Franklin. CNBCJoe Franklin.

KOMPAS.com— Joe Franklin, remaja asal Inggris, baru berusia 12 tahun ketika memulai kariernya di bisnis sepatu sneaker.

Bermodalkan $ 300 atau sekitar Rp 4 juta dari uang kado ulang tahun yang ia tabung untuk membeli sepasang sepatu langka, Franklin kemudian menjualnya dengan harga dua kali lipat.

Sekarang Franklin sudah berusia 17 tahun, menjadi pemilik bisnis yang berbasis di London dan mencari hal-hal yang lebih besar, salah satunya menyediakan sepatu kets untuk bintang rap Inggris seperti Dizzee Rascal dan AJ Tracey.

Sepasang sepatu olahraga paling mahal yang pernah dibeli Franklin adalah "Nike Air Mags", lebih dikenal dengan julukan “Back to the Future”, yang harganya berkisar £ 45.000 atau sekitar Rp 600 jutaan. Dia kemudian menjualnya seharga £ 57.000.

Franklin meluncurkan bisnisnya dengan nama 5upplied di tahun 2018. Setelah bisnisnya mulai berkembang ia keluar dari sekolahnya setahun kemudian. Dia menderita disleksia dan mengatakan akademisi bukanlah hal yang ia andalkan.

Keterampilan bisnisnya telah memungkinkan remaja itu membangun jaringan kontak secara global, serta daftar klien top. Ia kemudian menginvestasikan kembali semua dana yang ia hasilkan ke dalam bisnisnya, alias "memakai uangnya untuk menghasilkan uang."

Baca juga: Sneaker dengan Nilai Penjualan Kembali Tertinggi di Tahun 2019

Beberapa thrift shop berpartisipasi dalam acara Urban Sneaker Society 2019.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Beberapa thrift shop berpartisipasi dalam acara Urban Sneaker Society 2019.

Franklin awalnya menggunakan Facebook untuk menjual sepatu kets, tetapi sekarang ia telah memiliki kantor pusat layanan streaming musik bawah tanah Keakie di distrik hipster London, Shoreditch.

Toko ini tidak terbuka untuk umum dan menawarkan sesi khusus dengan membuat janji terlebih dahulu untuk klien dengan pembelanjaan besar.

Ini adalah strategi untuk menarik seniman musik yang datang supaya menggunakan studio rekaman di tempat.

Baca juga: Cerita di Balik Viralnya Koran Kompas X Urban Sneaker Society

Sumber yang tak bisa dijualbelikan

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X