Tamatnya Chunky Shoe, dan Kembalinya Balenciaga dengan Sneaker Baru

Kompas.com - 13/01/2020, 11:45 WIB
Zen Sneaker Balenciaga BALENCIAGAZen Sneaker Balenciaga

KOMPAS.com -  Balenciaga, yang selama ini masyur dengan produk chunky “dad” shoe, baru merilis serangkaian koleksi terbaru dalam “Zen sneakers” yang terinspirasi “athletic tech”.

Langkah rumah mode ternama itu seperti pertanda bahwa sejarah chunky dad segera berakhir, dan menjadi bukti masuknya brand mewah di pasar streetwear.

Hal itu pulayang pernah menjadi bagian dari prediksi salah satu perancang dari pionir item streetwear mewah Off White, Virgil Abloh, Desember 2019 lalu -tentang matinya tren streewear.

Ya, kini Balenciaga mengikuti jejak Balmain dan desainer Raf Simons dalam merambah varian sepatu yang fokus pada desain athletic shoes.

Lebih jauh, sepertinya sepatu gaya sepakbola bakal menjadi versi terbaru dari dad shoes khas Balenciaga. Atau, kalau pun tidak demikian, setidaknya rumah mode ini yang bakal membangun citra itu.

Baca juga: Balenciaga Luncurkan Tas Pria Berhiaskan Hello Kitty

Satu hal yang pasti, Balenciaga, -sebuah merek mewah yang dulu menjadi pelopor tren gaya chunky dad shoe hingga mendunia, kini telah beralih gaya dengan Zen Collection-nya.

Bagaimana desain koleksi terbaru ini? Yang pasti, Balenciaga menampilkan desain alas kaki yang lebih ramping, dengan material non-leather, bergaya sepakbola.

Atau bisa juga disebut bergata golf, bowling, serta mirip kreasi Lonsdale. Semua jawaban itu bergantung pada pendapat orang yang ditanya, tentunya. 

Apa pun kesimpulan dan penilaiannya, yang ini bisa menjadi penanda bahwa merek papan atas Spanyol tersebut bakal mengambil langkah besar masuk ke kancah streetwear. 

Betapa populernya “dad shoes” (dulu)

Balenciaga Triple S Clear SoleBalenciaga Balenciaga Triple S Clear Sole
Pada paruh kedua tahun 2010-an, streetwear mewah menghantam pasar dan menjadi fenomena global. 

Nah, di tengah kancah yang ingar-bingar itu, muncul varian sneakerdad shoes” yang diproduksi oleh sederet brand mewah macam Dior, Lanvin, dan mungkin yang paling terkenal adalah Balenciaga.

Baca juga: Balenciaga Gandeng Desainer Furniture Bikin Sofa dari Kumpulan Baju

Sneaker pada umumnya -seperti dicatat Business of Fashion pada tahun 2017, memuncak di landasan pacu pada tahun 2014.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X