Cek Kesehatan Rutin Tak Harus Mahal, Lho

Kompas.com - 13/01/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi tes kesehatan/medical check up Ilustrasi tes kesehatan/medical check up

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang belum memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin. Pada akhirnya, penyakit yang diderita pun terlambat dikenali dan diobati sehingga menimbulkan dampak serius.

Banyak juga orang yang mengkhawatirkan masalah biaya sehingga medical check up urung dilakukan.

Padahal, penyakit tak mengenal usia, baik penyakit menular maupun tidak menular.

Kita juga sebaiknya tak menyepelekan keluhan kesehatan yang dialami.

"Penyakit lambung misalnya, sederhana, tapi dia bisa menyebabkan pendarahan lambung. Bisa saja BAB nya hitam atau muntah darah yang bisa menyebabkan dia jatuh ke penyakit kritis juga."

Hal itu diungkapkan oleh Spesialis penyakit dalam dari RS St. Carolus Jakarta, dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M.Epid seusai peluncuran PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Protection Syariah di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).

Baca juga: Yuk, Jangan Malas Cek Kesehatan Rutin

Aswin juga menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan rutin tidak selalu mahal. Biaya bisa diminimalisasi, salah satunya dengan memilih paket-paket pemeriksaan dasar yang menjadi prioritas.

Spesialis penyakit dalam dari RS St. Carolus Jakarta, dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M.Epid, Head of Product Development Prudential Indonesia Himawan Purnama dan President Director Prudential Indonesia Jens Reisch (paling kiri ke kanan) pada peluncuran PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Protection Syariah di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Spesialis penyakit dalam dari RS St. Carolus Jakarta, dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M.Epid, Head of Product Development Prudential Indonesia Himawan Purnama dan President Director Prudential Indonesia Jens Reisch (paling kiri ke kanan) pada peluncuran PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Protection Syariah di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (13/1/2020).

Aswin menyebutkan paket pemeriksaan kesehatan di antaranya cek gula darah, kolesterol, hingga deteksi dini kanker serviks untuk perempuan.

Rencana pemeriksaan dasar bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter umum maupun dokter penyakit dalam.

"Kan ada paket paling dasar sampai mahal. Tidak semua paket itu perlu, cukup paket dasar dan itu bisa dilakukan di rumah sakit manapun," ujarnya.

Baca juga: Deteksi Dini Tingkatkan Angka Harapan Hidup Penderita Kanker

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X