Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2020, 16:58 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Sariawan adalah hal yang umum terjadi dan dialami oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu saat sedang makan dan berbicara.

Walau akan hilang dengan sendirinya, kita tetap berharap ada cara mengobati sariawan yang efektif. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami. Bagaimana caranya?

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengeringkan sariawan. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam dan kemudian berkumur dengan campuran tersebut selama 15-30 detik.

Kamu dapat berkumur dengan air garam setiap beberapa jam, sesuai dengan yang diperlukan.

2. Berkumur dengan campuran air dan soda kue

Selain air garam, campuran air dan soda kue (baking soda) dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH.

Kamu cukup mencampur setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue. Berkumurlah selama 15-30 detik. Ulangi setiap beberapa jam, sesuai dengan yang diperlukan.

3. Madu

Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri.

Namun, saat memilih madu, pilihlah madu yang tidak dipasteurisasi dan alami, seperti madu Hanuka. Kamu bisa mengoleskan madu pada sariawan sebanyak empat kali sehari.

Baca juga: Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu

4. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang dapat mengobati dan mencegah sariawan yang mungkin disebabkan oleh bakteri H.pylori. Kamu dapat mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap harinya.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung antimikroba dan antiradang. Kandungan ini membuat minyak kelapa efektif mengobati sariawan yang disebabkan bakteri dan mengurangi radang serta rasa sakit dari sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com