Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2020, 07:46 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Istana Buckingham telah merilis pernyataan dari Ratu setelah pertemuan puncak keluarga kerajaan di Sandringham untuk membahas masa depan Duke dan Duchess of Sussex.

Pernyataan itu berbunyi, "Hari ini keluarga saya mengadakan diskusi yang sangat konstruktif tentang masa depan cucu saya dan keluarganya. Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda."

"Meskipun kami lebih suka mereka untuk tetap bekerja penuh waktu sebagai Anggota Keluarga Kerajaan, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga,” bunyi pernyataan tersebut.

Baca juga: Reaksi Ratu Inggris atas Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka. Karena itu telah disepakati bahwa akan ada periode transisi di mana Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris.

"Ini adalah masalah rumit bagi keluarga kami, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang,” demikian pernyataan resmi tersebut.

Pertemuan pribadi itu dihadiri oleh Ratu, Pangeran Wales, Duke of Sussex (Pangeran Harry), Duke of Cambridge (Pangeran William), dan sekretaris pribadi masing-masing.

Duchess of Sussex, yang saat ini berada di Kanada bersama putra Archie yang berusia delapan bulan, diyakini telah bergabung dalam diskusi melalui panggilan konferensi.

Sebelumnya, Meghan dan Pangeran Harry memutuskan untuk keluar dari kerajaan dan hidup mandiri secara finansial.

Keduanya akan tinggal di Kanada bersama putra mereka, Archie. Namun, nantinya Meghan dan Harry akan mengatur waktu agar bisa tetap sering pulang ke Inggris.

Baca juga: Penggemar Terkejut dengan Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com