Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2020, 08:34 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Apakah minuman anggur yang paling mahal di dunia? Walau tidak ada peringkat resmi untuk mengetahui wine termahal di dunia, namun pembuat wine Royal Tokaji asal Hongaria mengklaim produknyalah yang menempati posisi itu.

Satu botol Essencia 2008 buatannya dijual seharga 40.000 dollar AS atau setara dengan Rp 548.200.000. Pada tahun 2019, wine tersebut sudah terjual sebanyak 11 botol.

Royal Tokaji hanya memproduksi 20 botol Essencia 2008. Masing-masing botol berisi 1,5 liter anggur mewah. Botol wine tersebut dirancang oleh seniman kaca di Hungaria, James Carcass.

Essencia terbuat dari anggur aszu yang dikenal manis dan berkualitas tinggi. Untuk menanam anggur tersebut, dibutuhkan kondisi cuaca khusus dan banyak proses kerja. Hal itulah yang membuat wine ini berharga mahal. Selain itu, Essencia 2008 diperam dalam botol selama 10 tahun sebelum dipasarkan.

Baca juga: Terjual Rp 4,7 Miliar, Inikah Sebotol Wine Termahal di Dunia?

Anggur tersebut berasal dari wilayah perkebunan Tokaji, salah satu tempat wisata popular di Budapest. Anggur Tokaji memiliki sejarah referensi budaya. Ini adalah anggut yang disukai oleh Paus Pius X, dan disebut dalam film Draculla karya Bram Stoker.

Botol wine ini pun sangat unik karena memiliki ukuran yang besar. Untuk memproduksi satu 1,5 liter magnum anggur merah, pemilik harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Pemerintah Hongaria.

Di antara orang yang pertama membeli Essencia 2008 adalah department store Fortnum & Mason London, serta pengumpul anggur dari Beijing.

Pemilik Royal Tokaji mengharapkan semakin lama wine disimpan maka semakin mahal pula harganya. Meskipun begitu, pembuat wine ini mendorong pembeli untuk meminumnya daripada menyimpannya. (Devi Ari Rahmadhani)

Baca juga: Minum Anggur Merah Tingkatkan Kesuburan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com