Inikah Anggur Termahal di Dunia?

Kompas.com - 14/01/2020, 08:34 WIB
Ilustrasi wine Thinkstockphotos.comIlustrasi wine
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah minuman anggur yang paling mahal di dunia? Walau tidak ada peringkat resmi untuk mengetahui wine termahal di dunia, namun pembuat wine Royal Tokaji asal Hongaria mengklaim produknyalah yang menempati posisi itu.

Satu botol Essencia 2008 buatannya dijual seharga 40.000 dollar AS atau setara dengan Rp 548.200.000. Pada tahun 2019, wine tersebut sudah terjual sebanyak 11 botol.

Royal Tokaji hanya memproduksi 20 botol Essencia 2008. Masing-masing botol berisi 1,5 liter anggur mewah. Botol wine tersebut dirancang oleh seniman kaca di Hungaria, James Carcass.

Essencia terbuat dari anggur aszu yang dikenal manis dan berkualitas tinggi. Untuk menanam anggur tersebut, dibutuhkan kondisi cuaca khusus dan banyak proses kerja. Hal itulah yang membuat wine ini berharga mahal. Selain itu, Essencia 2008 diperam dalam botol selama 10 tahun sebelum dipasarkan.

Baca juga: Terjual Rp 4,7 Miliar, Inikah Sebotol Wine Termahal di Dunia?

Anggur tersebut berasal dari wilayah perkebunan Tokaji, salah satu tempat wisata popular di Budapest. Anggur Tokaji memiliki sejarah referensi budaya. Ini adalah anggut yang disukai oleh Paus Pius X, dan disebut dalam film Draculla karya Bram Stoker.

Botol wine ini pun sangat unik karena memiliki ukuran yang besar. Untuk memproduksi satu 1,5 liter magnum anggur merah, pemilik harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Pemerintah Hongaria.

Di antara orang yang pertama membeli Essencia 2008 adalah department store Fortnum & Mason London, serta pengumpul anggur dari Beijing.

Pemilik Royal Tokaji mengharapkan semakin lama wine disimpan maka semakin mahal pula harganya. Meskipun begitu, pembuat wine ini mendorong pembeli untuk meminumnya daripada menyimpannya. (Devi Ari Rahmadhani)

Baca juga: Minum Anggur Merah Tingkatkan Kesuburan?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Hypebeast

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X