Sering Cemas? Bisa Jadi Penyakit Ini Penyebabnya

Kompas.com - 15/01/2020, 06:29 WIB
Ilustrasi cemas shutterstockIlustrasi cemas

KOMPAS.com — Ada kalanya merasa cemas adalah hal yang wajar dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, pada sebahian orang, rasa cemas bisa datang terlalu sering dan sulit dikontrol. Apa sebenarnya penyebabnya?


1. Bisakah Masalah Tiroid Menyebabkan Kecemasan?

Kecemasan bisa melemahkan. Bagaimanapun, sulit untuk mengatur rutinitas sehari-hari yang menguras energi hingga tersedot ke pikiran negatif. Hal ini terus berputar bagaikan sebuah roda hamster yang terus-menerus khawatir.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kecemasan. Beberapa keadaan gelisah dapat terjadi karena adanya kelainan tiroid, khususnya hipertiroidisme.

2. Koneksi Tiroid-Otak

Hipertiroid terjadi ketika tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroksin. Tiroksin bekerja dengan hormon tiroid lain untuk mengontrol sejumlah fungsi, termasuk metabolisme dan pencernaan.

Ketika tiroid di tubuh terlalu aktif, dan melepaskan terlalu banyak tiroksin ke dalam tubuh, kamu mungkin mengalami penurunan berat badan, atau bahkan nafsu makan juga meningkat atau terasa panas dan berkeringat.

Tetapi hipertiroidisme juga dapat mengubah otak dan suasana hatimu.

"Ada reseptor untuk hormon tiroid di otak serta tubuh," kata Monica Starkman, MD, profesor psikiatri di University of Michigan Medical School.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X