Pedoman Berbusana Serba Merah Saat Rayakan Imlek

Kompas.com - 15/01/2020, 08:40 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com – Mengenakan busana berwarna merah sudah menjadi semacam keharusan saat merayakan Tahun Baru China atau Imlek. Tak sekadar terlihat meriah, warna merah juga memiliki makna yang dalam.

Menurut cerita kuno, tradisi busana merah tersebut dimulai dengan datanganya Nian, binatang buas yang turun dari gunung atau naik dari laut untuk melahap manusia, tanaman, dan hewan ternak pada malam tahun baru.

Penduduk desa di Tiongkok dulu mengetahui kalau makhluk setengah banteng dengan kepala singa ini takut akan tiga hal, yaitu api, kebisingan, dan warna merah. Maka penduduk mengusirnya dengan tiga hal tersebut.

Jadi, setiap sebelum malam tahun baru, penduduk China akan mengenakan pakaian merah, menempelkan pesan bait pada pintu, menyalakan petasan, dan memainkan drum.

Orang Tiongkok pun meyakini bahwa warna merah melambangkan keberuntungan dan nasib baik serta diyakini dapat menangkal roh jahat.

Baca juga: Brand Fashion dan Kecantikan yang Luncurkan Koleksi Khusus Imlek

Tak hanya berbusana oriental, kamu juga bisa mengekspresikan gaya saat menyambut Tahun Tikus Logam dalam balutan busana merah berikut:

1. Dress merah
Untuk tampilan lebih formal, dress dengan sentuhan warna merah adalah pilihan yang tepat. Lengkapi penampilan dengan flatshoes, heels, atau boots yang berwarna hitam agar penampilanmu tak serba merah.

2. Sweeter
Untuk penampilan yang lebih casual, kamu dapat mengenakan sweater berwarna merah. Padankan dengan bawahan berwarna hitam polos atau dengan bawahan yang bercorak agar tampilanmu lebih dinamis. Untuk menambah kesan effortless, kamu dapat mengenakan sneakers.

3. Blazer merah
Ingin tampil lebih standout? Blazer berwarna merah harus kamu pertimbangkan. Padankan dengan celana berwarna krem dan kemeja dalaman blazer berwarna atau jumpsuit bermotif.

Baca juga: Imlek, Adidas Originals Gandeng Mickey Mouse Bikin Koleksi Spesial

4. Rok merah
Rok merah sangat pas dipadukan dengan blouse hitam bermotif. Outfits tersebut membuat kesan feminism dan berani.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

5. Aksesoris
Jika kamu tak ingin mengenakan busana merah, alternatif lainnya kamu dapat mengenakan aksssesoris berwarna merah sebagai highlight, misalnya anting, belt berukuran besar, atau tas.

Namun, jika tak menyukai warna merah sama sekali, kamu dapat menggantinya dengan warna-warna yang cerah, seperti biru, hijau, atau kuning. Jauhilah pakaian yang berwarna hitam dan putih. Sebab, kedua warna tersebut melambangkan duka dan kematian yang pastinya tak ingin kamu rasakan ketika memasuki tahun baru.

(Devi Ari Rahmadhani)

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X