Benarkah Yogurt Beku Lebih Sehat daripada Es Krim?

Kompas.com - 15/01/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com -  Yogurt beku (frozen yogurt) memang makin populer. Selain rasanya yang segar, topping-nya yang beragam juga membuat yogurt beku jadi pilihan camilan yang enak di lidah.

“Konsumen selalu tahu cara untuk memanjakan diri tanpa rasa bersalah,” kata Abby Geerts, RD, ahli gizi di Green Chef.

Walau yogurt memang menyehatkan, tetapi dengan tambahan topping yang biasanya manis membuat kandungan kalori frozen yogurt meningkat.

Menurut Geerts, setengah cangkir sajian yogurt beku memiliki sekitar 110 kalori, tiga gram lemak, dan 17 gram karbohidrat (tergantung pada merek dan rasanya).

"Dalam jumlah satu ons yang sama, kandungan kalori yogurt sekitar 25 kalori lebih sedikit daripada es krim - dan hanya mengandung sepertiga dari lemak dan lemak jenuh," lanjur Greets.

Jadi, meskipun yogurt beku bisa menyehatkan, tetapi tak selalu jauh lebih baik daripada es krim. Itu semua tergantung pada seberapa banyak kita mengonsumsinya dan apa saja topingnya.

Baca juga: Demi Pencernaan Sehat, Perhatikan Kadar Gula dalam Yogurt

Perbedaan

Yogurt beku dan es krim sama-sama merupakan produk berbasis susu, sehingga mengandung jumlah protein dan gula yang sama (sebelum ditambahkan rasa dan tambahan lainnya).

Es krim biasanya dibuat dengan krim susu atau lemak susu yang mengandung lemak dan lemak jenuh yang lebih tinggi. Sedangkan yogurt beku, terbuat dari susu yang telah difermentasi menjadi yogurt sehingga memiliki kandungan susu yang rendah lemak.

Seperti produk rendah lemak lainnya, produsen yogurt beku seringkali menambahkan gula yang lebih banyak untuk memperkuat rasa.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X