Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengandung Bahan Kimia, IKEA Tarik Produk Travel Mug

Kompas.com - 15/01/2020, 14:42 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembuat alat-alat rumah tangga asal Swedia, IKEA, meminta semua pelanggan yang memiliki travel mug TROLIGTVIS bertanda “Made in India” untuk berhenti menggunakannya.

Laporan pengujian baru-baru ini menunjukkan bahwa produk tersebut mengandung tingkat bahan kimia melebihi ambang batas yang ditentukan.

Oleh karena itu, IKEA meminta pelanggan yang memiliki travel mug ini untuk mengembalikan produk ke toko IKEA mana pun untuk mendapatkan pengembalian penuh berupa return voucher.

Selama ini IKEA selalu memperhatikan keamanan produk. Semua jenis produk yang dijual sudah melewati pengujian dan harus mematuhi standar dan undang-undang yang berlaku, serta persyaratan IKEA sendiri.

Dalam kasus ini, walau sudah dijual, IKEA baru-baru ini menerima laporan pengujian yang menunjukkan bahwa travel mug mengandung tingkat Dibuthyl phthalate (DBP) melebihi ambang batas yang ditentukan.

Padahal IKEA sudah sejak lama memutuskan untuk melarang semua penggunaan phthalate dalam produk yang berkontak langsung dengan makanan dan karenanya menghentikan penjualan travel mug selama penyelidikan.

Penyelidikan telah menunjukkan bahwa travel mug bertanda "Made in India" mungkin terpengaruh sehingga ditarik kembali, meski menurut IKEA risiko berdampak negatif langsung pada kesehatan pengguna sangat rendah.

Travel mug TROLIGTVIS telah dijual sejak Oktober 2019. Mereka yang sudah terlanjur membelinya diminta untuk mengembalikan produk dan mendapatkan pengembalian penuh berupa voucher. Bukti pembelian, seperti tanda terima tidak diperlukan. Jadi bila kamu memilikinya, silakan kembalikan ke IKEA terdekat.

Baca juga: Jual Karya Virgil Abloh, IKEA Alam Sutera Diserbu Pembeli

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com