Penyebab Kebiasaan Bayi Gemar Menggigit

Kompas.com - 15/01/2020, 15:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kebanyakan orang dewasa mungkin sangat gemas dengan bayi yang tertawa penuh kebahagiaan sambil memeluk orang dewasa di sekitarnya. Selain tertawa, ada beberapa kebiasaan lainnya yang sering dilakukan oleh bayi, seperti merengek, menangis, bahkan menggigit.

Sebelum terburu-buru mendisiplinkan si kecil, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu mengapa bayi senang menggigit.

Namun, pahamilah bahwa kebiasaan menggigit pada usia bayi adalah hal wajar, tetapi anak-anak punya berbagai alasan mengapa mereka menggigit.

1. Kesal dan marah

Bayi mengalami banyak pengalaman emosi setiap harinya dan tidak selalu mampu mengungkapkannya. Bayangkan kamu tidak memiliki perbendaharaan kata yang cukup untuk mengekspresikan perasaan. Kebanyakan bayi menggigit karena frustrasi dan marah karena mereka tidak mampu mengungkapkan perasaannya.

2. Tumbuh gigi

Saat bayi menggigit apa saja yang berjalan dan berbicara, cobalah cek apakah ada gigi yang tumbuh. Ketika merasakan sakit karena gigi tumbuh, bayi juga akan menggigit untuk menghilangkan rasa sakit dan bengkak yang dirasakannya.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Tepat Merawat Gigi Bayi yang Baru Tumbuh

3. Bereksplorasi

Bagi bayi, tidak ada cara yang lebih baik untuk memahami dan bereksplorasi dengan segala hal selain memasukannya ke dalam mulut. Seiring bertumbuhnya gigi mereka, bayi akan semakin penasaran dengan dunia di sekitarnya. Di saat itulah mereka mulai menggigit segala sesuatu di sekitarnya.

4. Mencari perhatian

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X