Kencing di Shower, Bagaimana Dampaknya Bagi Kesehatan?

Kompas.com - 15/01/2020, 17:25 WIB
Ilustrasi mandi di shower shutterstockIlustrasi mandi di shower
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kencing di shower merupakan salah satu hal yang tidak banyak orang bicarakan secara terbuka, tapi bukan berarti itu tidak umum. Bahkan, 76% orang mengaku melakukannya dalam survei terbaru di Inggris.

Menurut Jamin Brahmbhatt, MD, ahli urologi PUR Clinic dan asisten profesor di UCF College of Medicine di Florida, kencing di shower bukan masalah besar.

Namun, jika berniat untuk kencing di shower, yang terbaik adalah melakukannya di kamar mandi kita sendiri, bukan kamar mandi umum.

"Secara umum, urin steril karena tidak memiliki organisme hidup," kata Dr. Brahmbhatt kepada Health. "Tapi ini tidak selalu terjadi, karena seseorang bisa mengalami infeksi saluran kemih. Selain itu, urin dapat ddikuti beberapa hewan kecil dari ujung uretra saat keluar."

Lalu apa sebenarnya yang ada di dalam urin? "Tergantung pada berapa banyak cairan yang kita ambil, sekitar 90% dari air seni kita adalah air," ujar Dr. Brahmbhatt. "Sisanya adalah garam dan senyawa yang disaring keluar dari tubuh kita."

Ia melanjutkan, hal tambahan di dalam urin bisa bervariasi, namun didasarkan pada apa yang telah kita minum atau makan, serta obat dan zat yang telah kita konsumsi sebelumnya.

Fakta bahwa air seni pada dasarnya hanya beberapa air dengan garam, berarti sangat kecil kemungkinannya untuk merusak saluran pembuangan di kamar mandi.

"Jika kita memikirkannya, air seni mungkin lebih bersih daripada apa yang kita basuh dari kulit saat mandi pagi atau setelah latihan olahraga," ucap Brahmbhatt.

"Ini mungkin tidak berbeda dengan air yang berasal dari keran ketika itu berefek pada lingkungan fisik kita."

"Jika kita merasa kotor karena memikirkan kencing yang tanpa sengaja mengenai kaki, setidaknya kita berada di tempat yang tepat untuk membasuh. Dan apabila kita memiliki luka di kaki, ini mungkin bukan masalah besar," tutur dia.



Sumber Health
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X