9 Tips Hidup Sehat demi Panjang Umur

Kompas.com - 15/01/2020, 23:24 WIB
Ilustrasi Sehat dan Bahagia. ShutterstockIlustrasi Sehat dan Bahagia.

KOMPAS.com - Kualitas hidup yang kita jalani sangat memengaruhi lama tidaknya kita hidup.

Tidak peduli berapa usiamu, kamu memiliki kekuatan untuk mengubah banyak variabel yang memengaruhi berapa lama kamu hidup, dan seberapa aktif kamu di tahun-tahun berikutnya.

Dr Michael Greger, penulis buku How Not To Die yang terkenal, yang juga menjalankan nutritionfacts.org dan mendirikan American College Of Lifestyle Medicine, mengungkapkan sembilan tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan hidup lebih lama dengan menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih bahagia.

1. Berhenti merokok

Kita semua tentu tahu betapa buruknya merokok bagi kesehatan, tetapi nyatanya masih ada yang mengabaikan bahayanya.

“Di Inggris, pembunuh nomor satu masih penyakit jantung. Tembakau mengalahkan diet orang Inggris dengan statistik itu, jadi hal nomor satu yang perlu kamu lakukan adalah berhenti merokok,” kata Greger.

Hasil yang hampir sama pun terjadi di Amerika. Pada rentang waktu 2009-2019, penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor dua.

Baca juga: Simak, 5 Kebiasaan Baik demi Panjang Umur dan Sehat

2. Menurunkan berat badan

Obesitas menempati urutan nomor tiga di Inggris. Dan obesitas adalah masalah yang berkembang, jadi, dalam hal diet, Greger menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah beri, buah-buahan, dan satu set sayuran sehat.

Dan jelas menghindari makanan apapun yang mengandung lemak trans dan daging olahan seperti ham dan hot dog, yang sekarang kita tahu pasti bisa menyebabkan kanker.

“Kita tahu untuk tidak merokok di sekitar anak-anak kita, jadi mengapa mengirim mereka ke sekolah dengan bekal hot dog? Dan yang ketiga adalah soda. Hentikan semua minuman bersoda,” ujar Greger.

Baca juga: Pemilik Otot Kuat Mempunyai Harapan Hidup Lebih lama?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GQ
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X