Hal Sepele Pemicu Pertengkaran dengan Pasangan yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 16/01/2020, 11:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Perdebatan dan pertengkaran dalam hubungan adalah hal biasa. Namun, ketika terjadi masalah yang sama berulang-ulang dan berlarut, artinya kamu perlu mencari solusi yang tepat.

Penyebab umum pasangan bertengkar tidak hanya karena masalah kesetiaan atau pengasuhan anak (ketika sudah menikah).

Menurut pakar hubungan dan konselor pernikahan dari New York, Rachel Sussman, ada beberapa hal sepele yang juga bisa memicu pertengkaran, seperti tugas rumah tangga atau media sosial.

Ia menambahkan, pertengkaran seringkali bukan hanya karena topik itu sendiri, melainkan dari kurangnya komunikasi antar-pasangan.

"Jika kamu adalah seseorang dengan skill komunikasi yang buruk, bisa saja ketika pasanganmu membahas sesuatu kamu akan berakhir defensif atau mulai membalas."

"Artinya, apapun yang diperdebatkan, bisa terjadi eskalasi yang berakhir dengan pertengkaran hebat," katanya.

Baca juga: Lima Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

Sussman menyebutkan beberapa hal sepele di kehidupan rumah tangga yang bisa memicu pertengkaran antar-pasangan, yang jika dibiarkan berpotensi memicu keretakan hubungan.

1. Bertengkar ketika salah satu merasa lebih berkomitmen

Banyak klien Sussman yang berkonsultasi mengenai komitmen dengan pasangannya, terutama bagi pasangan yang belum menikah.

Biasanya, Sussman mengatakan, salah satu merasa lebih serius berkomitmen daripada pihak lainnya. Mereka merasa pasangan mereka tidak memberikan komitmen yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X