Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2020, 19:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kulit yang sehat dan tampak muda adalah dambaan semua orang. Tak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit demi mencegah penuaan dini.

Salah satu buah yang memiliki khasiat mencegah penuaan dini adalah buah delima atau pomegranate.

Dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) menjelaskan beberapa khasiat dari buah tersebut. Dia menyebut, delima sarat dengan vitamin A, C dan E, antioksidan, flavonoid, dan lainnya.

Ia menambahkan, kandungan dalam buah delima tidak hanya bisa menangkal radikal bebas, tetapi juga memperbaiki sel kulit yang rusak.

Kandungan yang sama pun mampu memperkuat lapisan kulit dan melembapkannya.

Buah delima juga mengandung senyawa yang mampu menghambat kerja enzim perusak kolagen dan memperpanjang sel yang memproduksi kolagen-elastin.

"Jadi manfaatnya bisa meningkatkan kekenyalan kulit dan memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi kesehatan kulit."

Hal itu diungkapkan Haekal ketika ditemui pada peluncuran Y.O.U Golden Age di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Y.O.U Golden Age adalah rangkaian produk perawatan kulit yang menggunakan ekstrak buah delima, natural anti-aging complex, dan nol persen alkohol untuk meremajakan dan mencerahkan kulit.

Dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM).

Selain perawatan kulit, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan usaha di atas dengan pola hidup sehat.

Seperti menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF, memilih produk perawatan kulit yang tinggi antioksidan, hingga menerapkan pola makan rendah gula dan kalori.

"Banyak makan makanan tinggi gula bisa mempercepat timbulnya keriput karena gula akan berikatan dengan protein membentuk senyawa yang bisa merusak kolagen," ucap dia.

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran, mencukupi kebutuhan air harian minimal delapan gelas per hari, olahraga rutin, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan, mengatasi stres, dan cukup istirahat.

Haekal menambahkan, penuaan dini adalah sesuatu yang sebaiknya dicegah sejak awal alih alih diatasi setelah gejalanya muncul.

Perawatan pencegahan penuaan dini bisa dimulai sejak usia 20 tahunan, di mana pada usia tersebut mulai terjadi proses penuaan.

Salah satunya penurunan produksi kolagen akibat radikal bebas yang berasal dari sinar matahari maupun polusi.

"Kalau terlambat merawat kulit, itu akan berbeda perawatannya. Maka sangat penting ketika berusia di bawah 30 tahun mulai memerhatikan kulit," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com