Selain Menghangatkan, Ini 7 Manfaat Minyak Kayu Putih

Kompas.com - 16/01/2020, 21:14 WIB
ilustrasi minyak kayu putih shutterstockilustrasi minyak kayu putih
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin kita semua pernah menggunakan minyak kayu putih ketika mengalami masuk angin, sakit kepala, atau gatal-gatal. Sejak dulu, minyak ini memang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan tersebut.

Minyak kayu putih juga bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh yang menenangkan. Selain itu, tahukah kamu bahwa terdapat segudang manfaat minyak kayu putih yang baik untuk kesehatan?

Minyak kayu putih adalah minyak yang dihasilkan dari penyulingan uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Minyak kayu putih atau cajeput oil mengandung bahan kimia yang disebut sineol (cineole).

Ketika kita merasakan sensasi hangat setelah mengoleskan minyak kayu putih pada kulit, sineol inilah yang memberi sensasi hangat tersebut. Adapun manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, di antaranya:

Melegakan pernapasan

Mengalami hidung tersumbat cukup menyiksa. Hal ini kerap kali membuat kita kesulitan bernapas.

Tenang, sifat dekongestan dan ekspektoran yang dimiliki minyak kayu putih dapat membantu melegakan hidung, tenggorokan, dan organ pernapasan lainnya.

Selain itu, minyak ini juga dapat membantu meringankan batuk, laringitis, faringitis, dan bronkitis.

Menghilangkan gatal gigitan serangga

Gigitan serangga seringkali menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Namun, minyak kayu putih dapat membantu menghilangkan rasa gatal tersebut karena memiliki sifat antiperadangan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X