Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Menghangatkan, Ini 7 Manfaat Minyak Kayu Putih

Kompas.com - 16/01/2020, 21:14 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mungkin kita semua pernah menggunakan minyak kayu putih ketika mengalami masuk angin, sakit kepala, atau gatal-gatal. Sejak dulu, minyak ini memang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan tersebut.

Minyak kayu putih juga bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh yang menenangkan. Selain itu, tahukah kamu bahwa terdapat segudang manfaat minyak kayu putih yang baik untuk kesehatan?

Minyak kayu putih adalah minyak yang dihasilkan dari penyulingan uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Minyak kayu putih atau cajeput oil mengandung bahan kimia yang disebut sineol (cineole).

Ketika kita merasakan sensasi hangat setelah mengoleskan minyak kayu putih pada kulit, sineol inilah yang memberi sensasi hangat tersebut. Adapun manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, di antaranya:

Melegakan pernapasan

Mengalami hidung tersumbat cukup menyiksa. Hal ini kerap kali membuat kita kesulitan bernapas.

Tenang, sifat dekongestan dan ekspektoran yang dimiliki minyak kayu putih dapat membantu melegakan hidung, tenggorokan, dan organ pernapasan lainnya.

Selain itu, minyak ini juga dapat membantu meringankan batuk, laringitis, faringitis, dan bronkitis.

Menghilangkan gatal gigitan serangga

Gigitan serangga seringkali menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Namun, minyak kayu putih dapat membantu menghilangkan rasa gatal tersebut karena memiliki sifat antiperadangan.

Sifat insektisida yang dimiliki minyak ini bahkan juga dapat mengusir serangga.

Mengatasi infeksi kulit

Minyak kayu putih dipercaya mampu mengatasi infeksi kulit. Sensasi hangat yang ditimbulkan oleh kandungan sineol di dalamnya bisa mengurangi rasa nyeri ketika dioleskan pada kulit. Namun disarankan tidak mengoleskan pada luka terbuka dan infeksi kuli berat.

Mengurangi rasa sakit

Minyak kayu putih merupakan analgesik alami, yang berarti minyak ini bisa mengurangi rasa sakit, termasuk sakit kepala dan sakit perut ketika dioleskan di sekitar area yang sakit.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com