Memahami Pentingnya Zat Besi bagi Kesehatan

Kompas.com - 17/01/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi daging sapi kobe hungryworksIlustrasi daging sapi kobe

KOMPAS.com - Zat besi adalah mineral penting yang diperlukan untuk produksi hemoglobin dan memiliki peran di berbagai proses lainnya dalam tubuh.

Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Jika asupan zat besi berkurang, produksi sel darah merah dan kandungan hemoglobin bisa turun.

Makanan yang mengandung zat besi mayoritas adalah protein hewani, termasuk ati ampela, daging sapi, susu, dan juga sayuran.

Kecukupan zat besi wajib dipenuhi, terutama pada perempuan, ibu hamil, bayi, dan anak-anak. Pada anak-anak, defisiensi zat besi dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan.

Ketahui lebih dalam apa saja manfaat zat besi bagi tubuh kita:

Mencegah anemia

Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk meningkatkan produksi hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen dalam darah.

Zat besi mencegah anemia, yang disebabkan oleh gejala hemoglobin rendah dan menyebabkan gejala kelelahan, suasana hati yang rendah, sesak napas, dan jantung berdebar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Zat besi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia bekerja dengan meningkatkan kadar hemoglobin ke sel, jaringan, dan organ yang rusak sehingga meningkatkan proses penyembuhan. Sistem kekebalan yang kuat membantu melawan infeksi dan mencegah penyakit.

Halaman:


Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X