Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2020, 11:41 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Depresi adalah gangguan psikiatri yang banyak ditemui di masyarakat dan bisa menimpa siapa saja. Depresi tak boleh disepelekan. Jika dibiarkan, depresi bisa mengganggu aktivitas harian seseorang, bahkan mengancam nyawa.

Memang sebagian besar depresi disebabkan perubahan besar dalam hidup seseorang, seperti kematian keluarga dekat, kesepian, atau menderita penyakit berat. 

Namun, depresi juga bisa dipicu oleh aktivitas-aktivitas harian rutin, seperti tak pernah olahraga hingga hobi tidur larut malam.

Apa saja aktivitas lainnya yang juga memicu depresi?

1. Sering mengonsumsi makanan olahan

Burger atau kentang goreng mungkin terasa sangat nikmat jika dimakan sesekali. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan tinggi ternyata bisa memicu rasa sedih.

Sebuah analisis dari riset diet dan depresi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 menemukan bahwa semakin sehat pola makan kita, makin rendah risiko depresi.

Namun, beberapa studi tersebut hanya mengaitkan pola makan buruk dan mood yang buruk. Studi-studi tersebut tidak bisa membuktikan hubungan sebab akibat satu sama lain.

Meski begitu, pola makan sehat--dengan definisi banyak buah-buahan, sayur, ikan, dan gandum utuh--adalah kebiasaan yang baik.

Baca juga: Bahaya Lem Daging dalam Makanan Olahan

2. Terlalu sering sendiri

Menurut psikolog klinis Susan Heitler, PhD, memiliki waktu berkualitas sendiri membawa banyak manfaat terhadap kesehatan mental. Namun, menghabiskan terlalu banyak waktu untuk sendiri bisa membawa efek sebaliknya dan dapat meningkatkan risiko depresi.

Untuk menghindarinya, Heitler menekankan pentingnya menjaga hubungan pertemanan dengan orang lain sebagai strategi menghindari depresi.

"Setiap saat kita terhubung dengan orang lain, maka itu adalah kesempatan untuk pertukaran emosi yang positif," katanya.

ilustrasi pria sedang lembur hingga dini hariShutterstock ilustrasi pria sedang lembur hingga dini hari

3. Terlalu multitasking

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com