Pernikahan Indoor dan Outdoor, Mana Lebih Menguras Kantong?

Kompas.com - 19/01/2020, 16:00 WIB
Suasana di dalam gelaran Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020). KOMPAS.com/Nabilla TashandraSuasana di dalam gelaran Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

KOMPAS.com - Ketika merencanakan pernikahan, calon pengantin seringkali memikirkan tentang detail seperti dekorasi tempat, gaun, hingga lokasi foto prewedding.

Padahal, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah lokasi pernikahan atau venue.

Perencanaan pernikahan, terutama anggaran, akan kacau jika lokasi pernikahan masih belum ditetapkan.

Lokasi pernikahan kini tak hanya di dalam gedung atau ruangan. Dalam beberapa tahun terakhir, pernikahan di luar ruangan ( outdoor wedding) semakin meningkat.

Selain membawa suasana baru, pernikahan di luar ruangan juga memberikan suasana yang lebih hangat, serta seringkali menghasilkan dokumentasi foto dan video yang lebih cantik.

Baca juga: Penting, Lakukan Persiapan Matang Sebelum Melakukan Foto Pre-Wedding

Suasana di dalam gelaran Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Suasana di dalam gelaran Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).
Namun, kembali ke sisi anggaran, lokasi mana yang lebih menguras kantong?

Hal ini sebetulnya bergantung pada keperluan dan kepentingan penyelenggara, dalam hal ini calon pengantin.

Namun pada umumnya, biaya akan lebih berat untuk penyelenggaraan pernikahan di luar ruangan. Terutama jika pernikahan dilangsungkan di malam hari.

"Kita harus menyiapkan biaya untuk lampu. Lighting outdoor kan harus mumpuni. Harus ada plan A dan B."

Hal itu diungkapkan oleh Pemilik Kinang Kilaras Wedding, Vena, ketika ditemui di gelaran Indonesia Dream Wedding Festival (IDWF) 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Selain pencahayaan, elemen lainnya yang membutuhkan anggaran lebih besar adalah dekorasi.

Vena mengatakan, pernikahan di luar ruangan biasanya memiliki lokasi yang cenderung lebih luas daripada di dalam ruangan.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X