Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2020, 06:19 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mabuk perjalanan seringkali menyusahkan. Rasa tidak nyaman saat menempuh perjalanan darat, laut dan udara kerap membuat kita enggan bepergian.

Bahkan tak jarang kita jadi ketakutan karena memikirkan kemungkinan mabuk perjalanan sebelum melakukan perjalanan itu sendiri.

Berikut adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan mabuk perjalanan.

1. Hindari pemicu

Jangan bepergian dengan pesawat kecil, yang cenderung lebih buruk daripada jet yang lebih besar. Jika kamu berada di atas kapal, dudklah di bagian tengah, di mana goyangan lebih sedikit terasa.

Bila bepergian dengan mobil, menjadi pengemudi akan membantu mengurangi mabuk perjalanan. Tempat terburuk adalah duduk di kursi belakang, karena lebih sulit untuk melihat keluar jendela.

“Sayangnya, ini adalah tempat anak-anak biasanya duduk, dan orang-orang paling rentan terhadap penyakit mabuk perjalanan dari usia delapan hingga sekitar 12,” kata John Golding, seorang profesor psikologi terapan di University of Westminster.

Orang dewasa yang menderita migrain juga lebih rentan mengalami mabuk perjalanan.

2.Tetaplah melihat jauh atau ke arah langit

Penjelasan terbaik untuk mabuk perjalanan adalah teori konflik sensorik, yang menempatkannya pada ketidaksesuaian antara apa yang dilihat mata dan informasi tentang gerakan yang terdeteksi oleh telinga bagian dalammu.

"Jika kamu bisa mendapatkan pandangan jauh ke luar atau melihat langit, itu sangat membantu," kata Golding.

“Jangan membaca atau memainkan ponsel. Cobalah untuk tetap tenang,” ujar Louisa Murdin, seorang konsultan kedokteran vestibular audio di Guy's and St Thomas's NHS trust.

Walaupun tak terjadi pada setiap orang, namun berbincang dengan teman seperjalanan tidak akan banyak membantu.

“Karena ketika kita berbicara, kita hampir selalu menggerakkan kepala kita sebagai bagian dari itu. Mendengarkan musik adalah satu hal yang dapat membantu,” ujarnya.

Nikotin cenderung membuat mabuk perjalanan menjadi lebih buruk. Untuk itu, hindari makan besar atau minum alkohol sebelum bepergian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com