Cara Menghindari Masalah Jantung di Masa Kehamilan

Kompas.com - 22/01/2020, 08:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kehamilan adalah momentum spesial bagi setiap perempuan, namun akan menjadi masa tidak menyenangkan jika terjadi komplikasi pada masa kehamilan.

Ada beberapa proses alami di tubuh perempuan ketika hamil yang bisa memicu komplikasi di kemudian hari jika tidak diperiksakan lebih lanjut.

Banyak spesialis di seluruh dunia menyebutnya sebagai tes stres alami (natural stress test) untuk tubuh. Pada masa ini, ad beberapa perubahan yang terjadi, termasuk peningkatan aliran darah yang signifikan.

Kondisi ini memicu tekanan lebih pada jantung dan seringkali menyebabkan serangan sementara pada tekanan darah atau level gula darah.

Namun, kondisi ini sehat dan merupakan suatu perubahan yang alami untuk proses pemberian nutrisi pada janin yang sedang bertumbuh.

Hal ini normal, dan pada banyak perempuan, masalah ini akan selesai setelah melahirkan.

Namun, bagi sebagian perempuan perubahan ini bisa memicu peningkatan penyakit kardiovaskular bahkan diabetes.

Jika tidak diperiksakan, kemungkinan meneruskan penyakit ini pada janin bisa meningkat secara drastis.

Ketika menghadapi masalah jantung selama kehamilan, ibu hamil mungkin mengalami gejala yang mirip dengan serangan jantung. Beberapa di antaranya adalah:

- Peningkatan denyut jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X