6 Jenis Karbohidrat yang Tak Merusak Diet Keto

Kompas.com - 22/01/2020, 14:50 WIB
Ilustrasi alpukat barmaliniIlustrasi alpukat

KOMPAS.com - Membuat tubuh berada dalam fase ketosis yang menjadi target diet keto, memang butuh usaha keras. Terutama menjaga pola makan.

Sebagai pengingat, diet keto merupakan pola makan yang menerapkan asupan tinggi lemak dan karbohidrat sangat rendah. Dengan demikian, tubuh akan memecah cadangan lemak menjadi ketones untuk energi.

"Untuk membuat tubuh masuk dalam fase ketosis, kita harus membatasi karbohidrat antara 5-10 persen dari total kalori atau 20-50 gram karbohi setiap hari," kata ahli nutrisi Carolyn Williams, PhD.

Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat biasanya akan dihindari penganut diet ini, termasuk sayur dan buah.

Walau begitu, menurut Williams sebenarnya kita boleh mengasup karbohidrat tertentu dan mencapai fase ketosis. Triknya adalah memilih buah dan sayur yang memiliki kandungan kurang dari 5 gram per sajian.

Berikut adalah beberapa sumber karbohidrat yang masih aman untuk diet keto:

1. Alpukat
Buah alpukat memang pengecualian ketika kita diet keto. Buah ini kaya akan lemak sehat tidak jenuh tunggal. Selain itu, alpukat juga mengandung tiga gram serat per seperempat buah.

Baca juga: Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

2. Tomat
Tomat juga buah yang ramah untuk diet keto. Kandungan likopen di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Bayam
Sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Sayuran ini juga mengandung nutrisi seperti potasium, zat besi, vitamin A dan C, serta serat. Dalam secangkir bayam mentah, kandungan kalorinya kurang dari 7 dan karbohidrat hanya 1 gram.

4. Jamur
Teksturnya yang seperti daging membuat jamur bisa memuaskan para pelaku diet keto. Kandungan kalorinya rendah tetapi kaya serat.

5. Kembang kol
Kembang kol juga termasuk sayuran rendah gula. Secangkir kembang kol yang dilumatkan mengandung 4 gram karbohidrat. Kandungan serat di dalam sayuran ini juga berperan positif bagi pencernaan.

6. Asparagus
Tidak hanya mengandung antioksidan tinggi, asparagus juga sayuran yang cocok untuk diet keto karena kadar karbohidrat dan kalorinya rendah.

Asparagus juga mengandung flavonoid yang memiliki kandungan antiperadangan dan efek penurunan tekanan darah.

Baca juga: Jangan Dihindari, Karbohidrat Tak Selalu Sebabkan Kenaikan Berat Badan

 



Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X