Intip Cara Bams Eks Samsons Menjalani Pola Hidup Sehat

Kompas.com - 23/01/2020, 05:44 WIB
Bams eks vokalis Samsons Kompas.com/Gading PerkasaBams eks vokalis Samsons
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Bambang Reguna Bukit atau lebih dikenal Bams, eks vokalis band Samsons, punya cara khusus dalam menjaga kebugaran tubuh.

Ia menyebutkan, saat ini dirinya menjalani intermittent fasting, salah satu diet yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Diet ini tidak membatasi porsi makan, melainkan berfokus pada aturan waktu makan.

"Diet yang buat saya cocok banget itu intermittent fasting. Tapi, orang yang punya penyakit maag enggak bisa intermittent fasting karena acidity levelnya tinggi," kata Bams, Co-founder The FIT Company di 100 Eatery & Bar, Hotel Atlet Century Park Jakarta, Rabu (22/01/2020).

"Kemarin saya riset, ada cara untuk menurunkan acidity level. Basically, semua entertainer atau orang yang suka begadang itu punya acidity level tinggi. Kita makannya tidak teratur."

"Buat yang punya asam lambung, saya biasanya ambil cuka apel dua sendok makan, campur empat sendok makan air putih. Minum begitu bangun tidur. Makan jadi lebih terkendali."

Baca juga: Mengenal Intermittent Fasting, Pola Diet untuk Turunkan Berat Badan

Periode makan yang ia terapkan dimulai dari pukul 11.00 - 17.00 atau pukul 12.00 - 18.00. "Kalau orang lain, window makannya ada yang sepuluh jam, delapan jam, dan enam jam," ujarnya.

Ditambahkan oleh Bams, bentuk tubuh six-pack --yang seringkali diasumsikan dengan tubuh bugar dan diidamkan banyak pria-- justru tidak menjadi tujuannya dalam intermittent fasting.

"Tubuh six-pack bukan merupakan statement hidup sehat saya. Saya pernah membentuk six-pack, tapi saya tidak enjoy. Intinya, you have to enjoy your healthy life," kata Bams.

Menurutnya, dalam menjalankan pola hidup sehat butuh proses. "Healthy lifestyle ini adalah kebiasaan. Butuh waktu 1 - 1,5 bulan, tergantung orangnya. Satu bulan pertama itu adalah waktu terberat kita untuk mengubah habit."

Di samping menjaga pola makan, ia mengaku rutin berolahraga antara 3 - 4 kali dalam seminggu. "Kalau olahraga itu sudah jadi bagian hidup saya. Bersepeda atau lari satu jam, main basket, atau olahraga di gym."

Baca juga: Intermittent Fasting Turunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X