Survei: Wanita Indonesia Dambakan Kulit Cerah dan Glowing

Kompas.com - 23/01/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Kriteria cantik sebagai kulit yang cerah dan glowing masih dipegang oleh sebagian besar responden wanita yang disurvei.

Hal itu terungkap dalam survei ZAP Beauty Index 2019 yang diadakan oleh klinik kecantikan ZAP Clinic

Survei yang dilakukan di tahun 2019 itu menunjukkan bahwa 46,7 persen responden mendefinisikan cantik berarti memperindah penampilan secara keseluruhan atau weII-dressed.

Memiliki kulit cerah dan glowing menjadi definisi cantik secara umum bagi sebagian besar perempuan Indonesia (82,5 persen). Padahal, sebelumnya definisi cantik adalah wanita yang bugar dan sehat.

Survei ZAP Beauty Index 2019 dilakukan secara online dan melibatkan 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019.

Survei yang komperhensif ini memotret perilaku tiga generasi berbeda terhadap kecantikan, yakni Gen X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22 tahun).

Menurut Head Medical and Training ZAP, dr Dara Ayuningtyas, kriteria kulit glowing sendiri memiliki tiga kriteria yakni warna kulit yang merata, tekstur wajah dan kekencangan kulit.

"Tekstur kulit yang kerap dikhawatirkan adalah pori-pori. Bila melakukan perawatan, pori-pori memang tak bisa dihilangkan sama sekali, melainkan hanya meminimalkan," katanya.

Dara melanjutkan, untuk mendapatkan kulit glowing yang sehat, seseorang harus melakukan perawatan atau skin care yang tepat, yang sesuai dengan permasalahan kulit.

“Ada hal-hal yang penting sebelum memilih skincare. Pertama, pilih skincare sesuai dengan jenis kulitmu, apakah normal, kering atau berminyak, tahu masalah kulit,” ujarnya.

Baca juga: E-Shape, Membentuk Wajah Tirus Bak Wanita Korea dengan Proporsional

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X