Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Kompas.com - 24/01/2020, 07:08 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Ada satu kemewahan yang nilainya baru terasa saat kita beranjak semakin dewasa. Kemewahan ini bernama tidur siang.

Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus. Biasanya, memasuki jam setelah makan siang, mata menjadi sedikit berair akibat menguap. Jika sudah begitu, rasanya berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Kopi umumnya jadi pilihan pertama. Namun selain minum kopi, banyak langkah yang bisa kita coba untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baca juga: Ngantuk Berat Setelah Kenyang Makan, Apa Sebabnya?

Sehabis makan siang adalah waktu-waktu rawan ngantuk. Kita bisa melakukan beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk di bawah ini untuk melawannya.

1. Minum kopi

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidur siang sebentar saat jam istirahat

Tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam. Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, kita sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.

3. Tidak duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama di satu tempat dan dalam posisi yang sama akan membuat mengantuk. Padahal, inilah yang setiap hari dilakukan oleh para pekerja kantoran.

Untuk menghindari rasa kantuk, kita disarankan untuk sesekali berdiri dari kursi dan berjalan ke tempat lain agar darah bisa mengalir dengan baik. Setelah itu, dijamin tubuh akan terasa lebih segar dan rasa kantuk berkurang.

4. Tidak menyantap makan siang yang terlalu berat

Makan terlalu banyak dan berat saat makan siang juga bisa membuat mengantuk. Jadi, saat makan siang, dibanding nasi padang, sebaiknya pilih asupan yang lebih ringan yang mengandung banyak sayur dan buah-buahan.

5. Membuat ruang kerja tetap terang

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com