13 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Kompas.com - 24/01/2020, 07:08 WIB
Ilustrasi tertidur saat bekerja Monkey Business ImagesIlustrasi tertidur saat bekerja
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada satu kemewahan yang nilainya baru terasa saat kita beranjak semakin dewasa. Kemewahan ini bernama tidur siang.

Perhatikan saja rekan kerja atau teman sekelas di kampus. Biasanya, memasuki jam setelah makan siang, mata menjadi sedikit berair akibat menguap. Jika sudah begitu, rasanya berbagai cara menghilangkan rasa ngantuk segera ingin dicoba.

Kopi umumnya jadi pilihan pertama. Namun selain minum kopi, banyak langkah yang bisa kita coba untuk membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baca juga: Ngantuk Berat Setelah Kenyang Makan, Apa Sebabnya?

Sehabis makan siang adalah waktu-waktu rawan ngantuk. Kita bisa melakukan beberapa cara menghilangkan rasa ngantuk di bawah ini untuk melawannya.

1. Minum kopi

Kafein dalam kopi bisa memberikan energi untuk tubuh yang sedang mengantuk atau kelelahan. Karena sifatnya sebagai stimulan, minuman ini dapat meningkatkan aktivitas di otak serta sistem saraf pusat.

Sehingga, jangan heran jika setelah minum kopi, banyak orang yang akan merasa fokus serta kemampuan berpikirnya meningkat. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsi kafein.

2. Tidur siang sebentar saat jam istirahat

Tidur siang tidak harus selama 3 atau 4 jam. Cukup dengan tidur saar istirahat siang selama 15-30 menit, kita sudah bisa kembali segar. Aktivitas tidur kilat ini, dinamakan power nap dan memang sudah terbukti bisa kembali mengisi tenaga.

3. Tidak duduk terlalu lama

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X