Tarian Bali dan Gamelan Hangatkan Washington D.C.

Kompas.com - 24/01/2020, 10:37 WIB
. DOKUMENTASI KBRI WASHINGTON DC.

KOMPAS.com - Lebih dari 100 pekerja di Ibu Kota Amerika Serikat yang malam itu baru selesai dari kesibukannya, datang dan memenuhi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington, D.C..

Di gedung KBRI yang berdiri di kawasan utama kota dan bahkan masuk dalam daftar gedung bersejarah di AS itu, digelar pentas seni dan budaya Bali.

Orang-orang itu khusus datang untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

“Malam ini kami menampilkan salah satu intangible heritage yang dimiliki Indonesia dan telah menjadi warisan budaya dunia, yaitu gamelan dan tarian bali.”

Baca juga: Tarian Bali Bakal Goyang Jalanan di Kota New York...

Begitu kata Wakil Duta Besar RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, yang merujuk pada sembilan tari bali yang telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia Tak Benda UNESCO tahun 2015.

“Di samping kekayaan seni budayanya, Bali merupakan top destination wisata dunia, bahkan pernah dinobatkan di peringkat pertama dari 25 destinasi terbaik dunia versi TripAdvisor,” papar Iwan.

“Berapa banyak selebritas dunia asal AS yang telah mengunjungi Bali? Silakan mengikuti jejak mereka.”

.DOKUMENTASI KBRI WASHINGTON DC .

Perkataan Iwan itu -seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, disambut tepuk tangan meriah para tamu, apalagi ketika nama-nama pesohor AS yang pernah berkunjungan ke Bali disebutkan satu per satu.

Disebutkan, ada nama Richard Gere (2011), Mila Kunis dan Ashton Kutcher (2012), Paris Hilton (2015), penyanyi muda R&B Khalid Donnel Robinson (2018), hingga Kim Kardashian (2019) yang datang ke Bali.

Bahkan, Julia Roberts memilih salah satu tempat syuting filmnya “Eat, Pray, Love” di Bali (2013).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X