Generasi Muda Ternyata "Buta" dengan Bidang Profesi Baru

Kompas.com - 24/01/2020, 17:54 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Generasi muda ternyata bisa digolongkan sebagai bagian dari kelompok masyarakat yang kurang kreatif dalam memetakan karier di masa depan.

Paling tidak, kesimpulan itu pun tercermin dari laporan terbaru yang mengungkap fakta, mayoritas remaja bercita-cita berprofesi "tradisional", atau yang telah dicoba dan teruji.

Studi dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) mencatat, profesi tersebut antara lain dokter, guru, pengacara, dan arsitek, yang terus mendominasi tujuan karier teratas.

Baca juga: Pekerjaan Populer yang Belum Eksis 20 Tahun Lalu

Mereka yang memilih pekerjaan itu adalah siswa sekolah menengah. Profesi-profesi itu bahkan tak tergeser, ketika bidang baru di lingkup sains dan teknologi muncul ke permukaan.

Dalam laporan itu disebut, temuan itu potensial berimplikasi untuk pekerjaan di masa depan.

Sebelum sampai pada kesimpulan itu, OECD melakukan survei terhadap anak berusia 15 tahun di 41 negara pada tahun 2018, demi mengetahui apa yang mereka inginkan ketika dewasa.

Lalu, tanggapan mereka kemudian dibandingkan dengan data dari anak berusia 15 tahun yang dikumpulkan pada tahun 2000.

Baca juga: Kenali, 4 Tanda Kamu Perlu Mencari Pekerjaan Baru

Dari sana OECD menemukan, sedikit sekali variasi dalam jawaban remaja antara waktu tersebut, bahkan ketika teknologi telah bergerak cepat, seperti saat ini.

Faktanya, jumlah generasi muda yang menyukai 10 profesi serupa --47 persen anak laki-laki dan 53 persen anak perempuan- telah bertambah.

Hal itu sebenarnya harus menjadi keprihatinan utama, karena temuan itu muncul di saat terjadi perubahan dalam lanskap kerja global.

Demikian pandangan Direktur Pendidikan OECD, Andreas Schleicher, di World Economic Forum, di Davos, Swiss.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X