5 Tradisi Tahun Baru China yang Bisa Kamu Ikuti

Kompas.com - 25/01/2020, 17:14 WIB
Antusias warga Tionghoa melakukan sembahyang di malam Imlek di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). Usai memanjatkan doa warga Tionghoa menyalakan lilin yang disusun di halaman vihara. KOMPAS.com/M ZAENUDDINAntusias warga Tionghoa melakukan sembahyang di malam Imlek di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/1/2020). Usai memanjatkan doa warga Tionghoa menyalakan lilin yang disusun di halaman vihara.

KOMPAS.comTahun Baru Imlek, juga dikenal sebagai Festival Musim Semi adalah perayaan khusus bagi etnis Tionghoa di seluruh dunia.  Ini adalah acara tahunan untuk berkumpul bersama untuk merayakan tahun baru dengan sukacita, harapan, dan keberuntungan.

Seperti banyak perayaan budaya lainnya, Imlek hadir dengan serangkaian tradisi dan ritual untuk para pengikutnya.

Meskipun tidak semua praktik ini berlaku untuk semua orang, ada beberapa kegiatan dan acara yang bisa kita lakukan dalam acara perayaan ini.

1. Tonton dan hargai seni tarian naga

China Highlight melaporkan bahwa naga melambangkan kebijaksanaan, kekuatan, dan kekayaan dan bahwa makhluk-makhluk ini konon membawa keberuntungan bagi orang-orang. Jadi, tidak mengherankan melihat tarian seremonial ini dilakukan setiap Tahun Baru Imlek.

2. Membagikan angpao sebagai cara menyampaikan berkah

Jika kamu merasa ekstra dermawan atau ingin mendoakan anak, keponakan, keponakan, atau teman untuk kesuksesan mereka di tahun yang akan datang ini, maka kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk memberi angpao atau amplop merah yang diisi dengan uang.

Menurut situs web Tahun Baru China, praktik ini dimaksudkan untuk melambangkan para senior yang melewati tahun keberuntungan dan berkat bagi generasi muda.

Namun, jika orang yang lebih muda memilih untuk memberikan amplop merah kepada seniornya, maka itu akan dilihat sebagai simbol rasa terima kasih mereka dan keinginan mereka untuk memiliki kehidupan yang panjang dan makmur.

Angpau tidak memiliki jumlah minimum, meskipun disarankan agar kamu memberikan jumlah yang lebih tinggi kepada keluarga dekat daripada teman dan kolega.

Baca juga: Seperti Apa Ramalan Cinta 12 Shio di Tahun Tikus

Umat Budha Tridharma bersembahyang menjelang imlek di Wihara Amurva Bhumi, Karet Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). Umat Budha bersiap menyambut tahun baru Imlek 2571 pada tanggal 25 Januari 2020.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Umat Budha Tridharma bersembahyang menjelang imlek di Wihara Amurva Bhumi, Karet Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020). Umat Budha bersiap menyambut tahun baru Imlek 2571 pada tanggal 25 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X