Jangan Sampai Ketinggalan Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Kompas.com - 26/01/2020, 15:33 WIB
Ilustrasi jeruk nipis shutterstockIlustrasi jeruk nipis
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum kalau jeruk nipis menyimpan segudang khasiat untuk tubuh. Namun selain bagus bagi kesehatan tubuh secara umum, ternyata ada pula manfaat jeruk nipis untuk wajah yang sayang jika dilewatkan.

Meski bentuknya yang mungil, jeruk nipis menawarkan beragam nutrisi. Buah ini rendah kalori dan mengandung banyak vitamin. Mulai dari vitamin C, A, B, dan E, serta antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan wajah.

Dari semua nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dipercaya paling bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Berkat vitamin C, sederet manfaat jeruk nipis untuk wajah ini bisa kita dapatkan:

1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet, dan faktor-faktor lain dapat membuat kulit wajah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Misalnya, munculnya noda hitam atau keriput pada wajah.

Jeruk nipis bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jeruk nipis dipercaya dapat menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas.

Hasil studi pada hewan menunjukkan bahwa minum banyak air jeruk, termasuk jeruk nipis, dapat membantu mengurangi keriput di wajah dan meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang kita tahu, kolagen sangat penting dalam menjaga kekencangan kulit.

2. Mencegah dan mengatasi jerawat

Produksi minyak berlebih, serta adanya kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori wajah. Penyumbatan inilah yang kemudian bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan memicu peradangan yang berujung pada jerawat.

Kita bisa menggunakan manfaat jeruk nipis untuk wajah dalam membantu pencegahan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat tersebut. Cukup memeras beberapa tetes air jeruk nipis ke kapas, lalu mengoleskannya pada kulit wajah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X