Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2020, 13:29 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Kabar duka tentang tewasnya Kobe Bryant dalam kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat telah mengguncang dunia olahraga dan juga industri sneaker.

Sokongan panjang, mulai dari Adidas hingga Nike dalam karir legenda tim bola basket Lakers ini tentu membawa kisah tersendiri bagi industri tersebut.

“Bersama jutaan atlet dan penggemar di seluruh dunia, kita hancur oleh berita tragis hari ini. Kami menyampaikan rasa duka terdalam kepada keluarga dekat Kobe yang ditinggalkan."

"Dia adalah salah satu atlet terhebat di generasinya, dan memiliki dampak yang tak terukur pada dunia olahraga dan komunitas bola basket."

Baca juga: 21 Sneaker yang Warnai Hidup Kobe Bryant...

"Dia adalah anggota keluarga Nike yang dicintai. Kami akan sangat merindukannya. Mamba forever, " demikian bunyi pernyataan dari Nike.

Bintang NBA Michael Jordan pun tak ketinggalan memberikan pernyataannya.

"Kata-kata tidak bisa menggambarkan rasa sakit yang saya rasakan. Saya mencintai Kobe - dia seperti adik bagi saya."

"Kami sering berbicara, dan saya akan sangat merindukan percakapan itu. Dia adalah pesaing yang sengit, salah satu yang terbaik dalam permainan dan kekuatan yang kreatif."

"Kobe juga ayah yang luar biasa yang sangat mencintai keluarganya - dan sangat bangga akan kecintaannya pada basket," sebut Jordan.

Mantan pebasket NBA, Michael Jordan dan Kobe Bryant.AFP/VINCE BUCCI Mantan pebasket NBA, Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Isack Fadlon, pemilik butik sneaker Sportie LA, menilai Kobe Bryant tidak hanya ikon basket dan sneaker, tetapi juga bagian penting dari sejarah Los Angeles.

Baca juga: Mural Segitiga Kobe Bryant di Melrose Avenue Jadi Tempat Melayat...

“Sebagai keluarga yang dibesarkan di Los Angeles, kami sangat terpukul dengan berita kematian Kobe Bryant."

"Kobe sudah mendarah daging dalam jalinan Los Angeles. Dampaknya pada kota kami dimulai dengan bola basket, dan kini melampaui olahraga,” kata Fadlon kepada FN.

“Kepribadian legendarisnya terasa di mana-mana; apakah kamu fanatik dengan bola basket atau tidak, nama Kobe sangat berarti bagi saya."

"Dia pun pasti memengaruhi kalian, dengan ingin memiliki jerseynya, atau sepasang sepatunya."

"Di sisi lain, kepintarannya di lapangan memimpin Lakers meraih lima gelar juara NBA, dan dia terus menjadi juara bagi semua orang, termasuk merek yang di luar lapangan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com