Kapan Usia Terbaik bagi Pria untuk Punya Anak?

Kompas.com - 28/01/2020, 23:13 WIB
Ilustrasi pria shutterstockIlustrasi pria

KOMPAS.com - Usia yang tepat bagi perempuan untuk hamil sudah sering menjadi topik pembahasan dan diperdebatkan, tapi sangat sedikit yang membahas tentang usia yang tepat bagi pria untuk menjadi seorang ayah.

Ya, para pria harus menyadari fakta bahwa usia yang tepat sangat penting dalam menghasilkan anak yang sehat.

Sebuah penelitian mengklaim, bahwa perempuan yang memiliki pasangan yang berusia di atas 40 tahun, umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil.

Baca juga: Suplemen Minyak Ikan Bantu Tingkatkan Kesuburan Pria

Tetapi, perempuan yang memiliki pasangan berusia sekitar 25 tahun punya peluang lebih besar untuk dapat hamil lebih cepat. Berikut ini lebih banyak fakta.

1. Tingkat testosteron

Begitu seorang pria melewati usia 30 tahun, kadar testosteronnya terus menurun 1% setiap tahunnya. Efeknya tentu saja menurunkan produksi sperma.

2. Kualitas Sperma

Begitu pula dengan kualitas sperma yang akan mulai menurun setelah usia 35 tahun. Motilitas atau pergerakan sperma juga akan terpengaruh.

3. Motiltas

Kualitas, motilitas, dan kesehatan sperma dalam kondisi sempurna sebelum usia 25 tahun. Kualitas turun ke titik terendah setelah usia 55 tahun. Pada saat itu, pria dapat kehilangan kekuatan reproduksinya hampir 50%.

Baca juga: Minum Obat Kuat untuk Sapi Jantan, Penis Pria Ini Harus Dioperasi

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X