Kompas.com - 29/01/2020, 15:37 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bicara tentang cara agar bisa panjang umur, kamu mungkin segera menebak beberapa strategi yang dapat melawan penyakit kronis, seperti tidak merokok, membatasi asupan alkohol, tetap aktif bergerak, mempertahankan berat badan yang sehat, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Namun, bukan hanya panjang umur, kebiasaan sehat ini juga memberikan manfaat lain.

Menurut studi baru yang diterbitkan dalam BMJ, para peneliti tidak hanya melihat manfaat gaya hidup sehat yang berpengaruh ke harapan hidup, tetapi juga meneliti efek pada “healthspan”, istilah yang digunakan untuk menggambarkan berapa lama kita mungkin terbebas dari penyakit kronis seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Perhatikan, 5 Kebiasaan Penting Supaya Panjang Umur...

Para peneliti mengumpulkan data dari dua proyek penelitian utama, yakni Studi Kesehatan Perawat yang berlangsung dari 1980 hingga 2014 dengan lebih dari 73.000 peserta, serta Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan dengan lebih dari 38.000 peserta dari 1986 hingga 2014.

Mereka mengamati orang yang memiliki riwayat tidak pernah merokok, indeks massa tubuh normal (BMI) antara 18,5 hingga 24,9, tingkat aktivitas fisik sedang hingga berat setidaknya 30 menit per hari, asupan alkohol sedang, dan kualitas diet yang baik. Mereka menyebut ke-limanya sebagai faktor gaya hidup berisiko rendah.

Baca juga: 9 Tips Hidup Sehat demi Panjang Umur

Menurut ketua peneliti Frank Hu, MD, Ph.D., profesor dan ketua Departemen Gizi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard TH Chan, “Lima faktor ini tidak hanya membantu seseorang hidup lebih lama, tetapi juga membantu hidup menjadi lebih baik.”

“Hasilnya tidak terlalu mengejutkan karena penelitian kami sebelumnya telah menunjukkan, bahwa mengikuti gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko penyakit kronis dan memperpanjang hidup," kata Hu.

“Yang menarik dari penelitian ini adalah harapan hidup yang panjang melalui modifikasi pola makan dan gaya hidup memberikan manfaat besar untuk terhindar dari penyakit sehingga meningkatkan kualitas hidup,” lanjutnya.

Bagi wanita yang tidak menerapkan ke-lima faktor ini, mereka akan memiliki harapan hidup terbebas dari penyakit diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan kanker hingga usia 73 tahun.

Namun, bagi mereka yang menerapkan lebih dari empat atau semua dari faktor tersebut cenderung terbebas dari penyakit hingga usia 84 tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.